Pontianak (ANTARA) - PLN Kalbar mensiagakan sebanyak 1.453 petugas teknik yang siap melayani dan menjamin keandalan layanan listrik selama 24 jam di 29 posko siaga dan 110 lokasi prioritas tempat-tempat ibadah umat Islam saat Ramadhan 1442 H.

"Upaya ini kami lakukan untuk menjaga kekhusyukan ibadah saudara-saudara kita saat Ramadhan serta perayaan Idul Fitri 1442 H," General Manager PLN Kalbar, ujar Ari Dartomo di Pontianak, Senin.

Untuk menunjang pekerjaan petugas di seluruh unit-unit layanan, PLN Kalbar juga telah mensiagakan 54 unit kendaraan roda empat, 206 unit kendaraan roda dua, masing-masing 1 unit mobil crane dan truk, 26 unit genset, 17 unit gardu bergerak, dan 1 UPS yang siap bergerak dengan cepat jika sewaktu-waktu diperlukan.

Sementara untuk mendukung proses pendistribusian energi listrik, PLN UP2D Kalbar juga telah membentuk 1 posko siaga dengan mengerahkan masing-masing 12 orang petugas Dispatcher dan petugas siaga PLN.

“Saat ini kondisi sistem kelistrikan di Kalbar baik yang isolated maupun sistem interkoneksi Khatulistiwa dalam kondisi yang sangat kondusif, dimana total daya mampu pembangkit sebesar 655,66 MW, sementara beban puncak tertinggi sebesar 460,601 MW,” kata dia,

Upaya preventif untuk menekan potensi gangguan listrik telah dilakukan oleh seluruh unit-unit layanan jauh sebelum Ramadhan.

Kegiatan yang dilakukan antara lain memlihara dan merawat, memangkas pohon di seluruh unit layanan dengan tingkat gangguan yang cukup tinggi, serta melaksanakan gelar pasukan dan peralatan untuk memastikan kesiapan petugas dalam mengamankan keandalan pasokan listrik.

"Kami berharap partisipasi masyarakat menjaga keandalan pasokan listrik demi menjaga kekhusyukan kita dalam beribadah, terutama untuk tidak bermain layang-layang dengan menggunakan tali kawat, karena dapat menyebabkan gangguan listrik, sehingga upaya yang telah kami lakukan akan menjadi sia-sia," ujarnya.
Baca juga: Ketua DPD RI sebut listrik di Kalbar butuh perhatian serius pemerintah
Baca juga: Dorong investasi, PLN siapkan interkoneksi listrik Kalbar-Kalteng

 

Pewarta: Dedi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021