PT Pindad sudah dapat membuat berbagai kebutuhan strategis negara, kendaraan tempur, tabung gas, pemadam kebakaran, dan alat sistem pertanian.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta seluruh institusi pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk dapat mendukung pembelian terhadap produk alat utama sistem persenjataan (alusista) dalam negeri.

Langkah itu, menurut dia, dengan melakukan pembelian alusista dan produk komersial kepada PT Pindad (Persero) yang merupakan industri dalam negeri.

"Kita perlu bangga menggunakan dan membeli produk dalam negeri, PT Pindad telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan," kata Azis dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ia menilai PT Pindad sudah dapat membuat berbagai kebutuhan strategis negara, seperti alutsista, kendaraan tempur, tabung gas, pemadam kebakaran, dan alat sistem pertanian.

Baca juga: Pindad dukung Holding BUMN Pertahanan demi hasilkan produk inovatif

Azis juga meminta PT Krakatau Steel dapat menyediakan raw material kebutuhan PT Pindad untuk mencukupi kebutuhan industri dalam negeri.

"Langkah itu perlu agar tidak melakukan impor dari negara lain dan menghemat keuangan negara di tengah pandemi COVID-19," ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu meyakini semua pihak memiliki pemikiran yang sama dalam mendukung industri pertahanan negara dalam negeri sehingga Krakatau Steel dapat aktif dalam menyediakan kebutuhan yang diperlukan.

"Semoga PT Pindad dan PT PAL dapat meraih sukses. Sukses dan kemajuan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi," katanya.

Baca juga: Dirut Pindad sambut baik rencana pemindahan pabrik ke Kertajati

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021