Liga 1 Indonesia

LIB: dukungan Menpora-MenkoPMK bantu keluarnya izin liga dari Polri

LIB: dukungan Menpora-MenkoPMK bantu keluarnya izin liga dari Polri

Direktur utama baru PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita. (ANTARA/HO/PT Liga Indonesia Baru) (ANTARA/HO/PT Liga Indonesia Baru/266708829014101)

Dukungan itu positif dan membantu keluarnya perizinan ke Polri
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan, dukungan bergulirnya Liga 1 dan 2 dari Menko PMK Muhadjir Effendy serta Menpora Zainudin Amali akan sangat membantu keluarnya izin keramaian kompetisi tersebut dari Polri.

“Dukungan itu positif dan membantu keluarnya perizinan ke Polri,” ujar Akhmad Hadian ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Senin.

Menpora Zainudin Amali sebelumnya kerap memberikan sokongan bagi terlaksananya Liga 1 dan Liga 2 saat pandemi COVID-19, selama menerapkan protokol kesehatan ketat. Menurut Zainudin, kompetisi sepak bola idealnya terus berjalan demi prestasi, bangkitnya ekonomi dan memberikan hiburan kepada masyarakat.

Baca juga: LIB kaji potensi kehadiran penonton di Liga 1 dan 2 saat pandemi

Sementara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan dukungan bergulirnya liga setelah meninjau pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (10/4).

Muhadjir, mengatakan dirinya sepakat dengan Menpora Zainudin Amali, bahwa sepak bola harus terus beraktivitas agar industri lapangan hijau Tanah Air bergeliat kembali setelah sempat mati suri akibat pandemi COVID-19.

“Yang penting adalah bagaimana persepakbolaan nasional menemukan aktivitasnya pada musim pandemi yang abnormal ini,” tutur Muhadjir.

Menurut Akhmad Hadian, dukungan dari dua menteri tersebut dapat dituangkan menjadi rekomendasi yang nantinya disampaikan ke Polri.

Baca juga: LIB: proposal permohonan izin Liga 1-2 2021 diajukan pertengahan April

“Kalau tidak ada rekomendasi, Polri tidak akan mengeluarkan izin keramaian,” kata dia.

Penyelenggaraan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021 belum dapat dipastikan lantaran belum keluarnya izin keramaian dari Polri. LIB dan PSSI masih akan mengajukan proposal permohonan izin tersebut kepada pihak kepolisian pada pertengahan April 2021.

LIB memastikan bahwa terbitnya izin liga sangat bergantung pada lancarnya pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang berlangsung pada 21 Maret-25 April, terutama dari sisi pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Baca juga: LIB: klub jangan kendurkan prokes sebelum perempat final Piala Menpora

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Arema FC perkenalkan pelatih baru, janjikan tim di papan atas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar