Kemenkumham salurkan bantuan untuk korban terdampak bencana alam

Kemenkumham salurkan bantuan untuk korban terdampak bencana alam

masyarakat yang terkena dampak bencana," kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (ANTARA/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI menyalurkan bantuan senilai Rp800 juta kepada korban yang terdampak bencana alam di beberapa wilayah Tanah Air.

"Saya berharap bantuan ini diterima dengan baik dan bisa membantu masyarakat yang terkena dampak bencana," kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Jakarta, Selasa.

Bantuan yang disalurkan Kemenkumham tersebut merupakan bentuk kepedulian atas bencana alam gempa bumi dan banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Yasonna: Masyarakat sadar hukum dapat tercipta dari sosialisasi

Bantuan diserahkan secara langsung oleh Menteri Yasonna kepada Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan masing-masing Rp150 juta.

Selain itu, Kemenkumham juga menyerahkan bantuan secara virtual kepada Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Barat sebesar Rp200 juta dan Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Timur Rp300 juta. Selain uang tunai, Kemenkumham juga menyerahkan sembako dan pakaian layak pakai.

Setelah menyerahkan bantuan ke sejumlah Kanwil Kemenkumham, Menteri yang juga kader PDI-P tersebut langsung menginstruksikan Kepala Kanwil untuk segera menyalurkannya.

Baca juga: Menkumham kunjungi lapas anak di Palu

"Saya minta agar bantuan ini dapat segera disalurkan oleh kantor wilayah dan diberikan kepada masyarakat," kata Yasonna.

Ia mengatakan salah satu upaya yang harus dilakukan terkait respon bencana alam ialah semua pihak harus bisa menunjukkan solidaritas, kepedulian dan bantuan sosial pada masyarakat yang terdampak.

Dengan menunjukkan kepedulian dan solidaritas pada korban, setidaknya hal tersebut dapat meringankan beban mereka atas musibah yang terjadi.

Baca juga: Kemenkumham dorong upaya wujudkan Indonesia jadi anggota FATF

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Isteri Menkumham Yasonna Laoly meninggal dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar