Jakarta (ANTARA) - Puasa di bulan Ramadhan tahun ini kembali dijalani di tengah pembatasan aktivitas fisik karena pandemi virus corona masih berlangsung.

Pemerintah memperpanjang Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Skala Mikro (PPKM Mikro) hingga 19 April, wilayah cakupannya pun semakin luas melihat perkembangan kasus COVID-19 terkini.

Jika bosan dengan menu rumahan atau tidak sempat memasak sendiri, membeli makanan dari luar untuk berbuka maupun sahur bisa menjadi jawaban. Berikut ini kumpulan aplikasi yang bisa digunakan untuk memesan makanan atau mencari restoran.

1. Gojek
Aplikasi yang terkenal berkat ojek online ini sudah lama memiliki layanan GoFood, salah satu andalan untuk membeli makanan ketika tidak bisa keluar dari rumah.

Layanan GoFood mencakup berbagai tempat makan, dari kaki lima hingga restoran di dalam mall dan seringkali memberikan potongan harga, baik untuk makanan maupun untuk ongkos kirim.

Jika belum tahu ingin makan apa, pengguna bisa menggunakan fitur "Nearby" untuk mencari tempat makan terdekat dari lokasi.

Untuk kemudahan pembayaran, pengguna bisa menggunakan dompet digital GoPay dan LinkAja atau menyambungkan kartu debit maupun kredit ke aplikasi Gojek.
 
2. Shopee
Platform belanja online Shopee bukan hanya terkenal untuk membeli gawai maupun barang-barang fesyen, namun, juga makanan lewat Shopee Food.

Sejumlah penjual menawarkan makanan siap konsumsi seperti nasi goreng, mie ayam, ayam goreng hingga jus buah. Beberapa penjual mengirim produk yang sudah siap makan, yang lainnya dalam bentuk beku atau hanya perlu dipanaskan agar tetap segar.

Umumnya, penjual makanan siap konsumsi di Shopee memberlakukan pra-pemesanan alias harus memesan beberapa hari sebelumnya. Untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman, pilih pengiriman dan kurir instan.

Untuk pembayaran, pengguna bisa menggunakan dompet digital ShopeePay atau transfer ke akun virtual bank yang disediakan setelah mengonfirmasi pesanan.

3. Grab
Aplikasi layanan on-demand Grab juga memiliki layanan pesan antar makanan GrabFood, yang menawarkan berbagai pilihan restoran dan ragam makanan.

Grab menyediakan fitur pilihan waktu agar pengguna bisa menyesuaikan dengan waktu buka puasa maupun sahur. Fitur ini bisa digunakan untuk memesan makanan sampai tiga hari ke depan.

Untuk melihat tawaran promosi, Grab memiliki menu untuk mengetahui restoran mana saja yang sedang memberikan potongan harga hari ini.

Selain itu, GrabFood juga memiliki fitur kategori makanan seperti makanan laut, burger hingga makanan Padang.

Grab menyediakan pembayaran dengan dompet digital OVO maupun secara tunai.

4. Tokopedia
E-commerce Tokopedia menyediakan beragam pilihan di kategori Makanan dan Minuman, termasuk untuk makanan siap makan.

Cukup ketikkan kata kunci seperti "kopi 1 liter" di kolom pencarian dan temukan makanan atau minuman yang dicari. Pengguna juga bisa mengatur agar hasil pencarian berasal dari kota yang sama.

Sama seperti pengiriman makanan pada umumnya, pilih kurir instan agar dikirim dalam beberapa jam setelah pesanan dikonfirmasi penjual.

Tokopedia menyediakan pembayaran dengan dompet digital OVO maupun transfer bank.

Baca juga: MUI akan awasi aplikasi ponsel berkonten Islami

Baca juga: Aplikasi Muslimapp.id kembangkan layanan fitur-fitur baru

Baca juga: Muslim Pro hadirkan fitur khatam Al Quran bersama saat Ramadhan

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021