Masuk bulan lahir, Taman Rimba Jambi tunggu kelahiran anak tapir

Masuk bulan lahir, Taman Rimba Jambi tunggu kelahiran anak tapir

Perawat satwa Hermawan bersama indukan tapir (Tapyrus Indicus) bernama Peby yang tengah mengandung di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, yang tengah bersiap menunggu kelahiran anak tapir di Jambir, Selasa (13/4/2021). (FOTO ANTARA/HO-Taman Rimba Jambi)

Keterangan dari dokter hewan saat ini kandungan indukan tapir bernama Peby sudah memasuki bulan kelahiran,
Jambi (ANTARA) - Kebun Binatang Taman Rimba Jambi saat ini tengah bersiap menunggu kelahiran seekor anak tapir (Tapirus Indicus) dari indukan tapir bernama Peby karena sudah masuk bulan kelahiran.

"Keterangan dari dokter hewan saat ini kandungan indukan tapir bernama Peby sudah memasuki bulan kelahiran," kata Kepala Seksi Tata Usaha UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Kamarul Jaman di Jambi, Selasa.

Ia menjelaskan kandungan Peby dalam keadaan baik dan indukan tapir dalam kondisi yang sehat sehingga diharapkan proses kelahiran anak tapir nantinya dapat berlangsung dengan baik.

Saat ini, kata dia,  koleksi tapir di Taman Rimba Jambi berjumlah enam ekor. Terdiri atas dua ekor tapir jantan dewasa, tiga ekor tapir betina dewasa dan satu ekor anak tapir.

Dengan kelahiran anak tapir dari indukan bernama Peby nanti, katanya, akan menambah koleksi tapir di kebun binatang tersebut menjadi tujuh ekor.

Ia mengatakan kelahiran anak tapir dari indukan Peby tersebut merupakan kelahiran kedua dalam satu tahun terakhir, di mana pada bulan September 2020 seekor tapir dari indukan bernama Kasih telah melahirkan seekor anak jantan yang diberi nama Arca.

"Suatu kebanggaan bagi pengelola Kebun Binatang Taman Rimba Jambi yang telah berhasil mengembangbiakkan tapir tersebut," katanya.

Keberhasilan Taman Rimba Jambi mengembangbiakkan tapir tersebut, kata dia, tidak terlepas dari seorang perawat satwa yang cukup ulet memelihara tapir di kebun binatang tersebut.

Perawat satwa bernama Herwaman mengembangbiakkan tapir di Taman Rimba Jambi berbekal pengalaman memelihara sapi, demikian Kamarul Jaman.

Baca juga: Keeper Taman rimba kembangbiakkan tapir dari pengalaman pelihara sapi

Baca juga: Koleksi tapir Taman Rimba Jambi bertambah


Baca juga: Dua satwa mati, Taman Rimba dievaluasi

Baca juga: Dokter hewan periksa kesehatan singa koleksi Taman Rimba Jambi

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tapir betina terjebak 6 jam dalam kolam ikan di Pekanbaru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar