Ada tiga hal yang menjadi rencana pokok dalam perubahan RPJMD dan salah satunya peningkatan daya saing ekonomi melalui UMKM dengan akses terhadap sumber daya produktif
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menjadikan UMKM sebagai program unggulan selama tiga tahun mendatang untuk meningkatkan daya saing ekonomi berbasis potensi daerah dalam upaya pemulihan ekonomi.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam keterangan persnya di Tangerang, Selasa, mengatakan pertumbuhan UMKM di masa mendatang akan menjadi fokus dengan menciptakan sumber daya produktif melalui manajemen SDM, permodalan, akses dan pemasaran.

Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Kota Tangerang yang disusun dalam perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019 - 2023 dengan melihat kondisi pandemi saat ini.

"Ada tiga hal yang menjadi rencana pokok dalam perubahan RPJMD dan salah satunya peningkatan daya saing ekonomi melalui UMKM dengan akses terhadap sumber daya produktif," kata Wali Kota Arief.

Dua rencana pembangunan pokok lainnya yakni peningkatan SDM dan infrastruktur perkotaan. Untuk peningkatan SDM ditempuh melalui kemudahan akses terhadap kesehatan, pendidikan, kemiskinan, pengangguran serta layanan publik yang terintegrasi.

"Meningkatkan pelayanan publik berbasis aplikasi yang terintegrasi sebagai upaya peningkatan layanan kepada masyarakat," kata Wali Kota Arief menjelaskan mengenai program yang akan dijalankan.

Selain itu, sambung Wali Kota, terkait peningkatan kualitas infrastruktur perkotaan diarahkan dalam hal peningkatan sarana dan prasarana publik seperti jalan, jembatan, sekolah, Puskesmas, olahraga serta permukiman. "Dan sarana prasarana pengendalian banjir dan ketersediaan area terbuka hijau," katanya.

Sebagai informasi, secara umum substansi RPJMD Perubahan Kota Tangerang 2019 - 2023 memuat misi, tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan serta target penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Baca juga: Pemkot Tangerang dirikan sentra oleh-oleh di rest area tol
Baca juga: Tangerang siapkan produk UMKM dipasarkan ke luar negeri
Baca juga: Tangerang luncurkan aplikasi belanja "Promolah"

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021