London (ANTARA) - Bitcoin mencetak rekor tertinggi 62.741 dolar AS hari Selasa, melanjutkan reli tahun 2021 ke level tertinggi baru sehari menjelang penawaran umum perdana (IPO) Coinbase.

Nilai uang kripto terbesar AS yang terdaftar di Nasdaq itu pada hari Rabu dianggap sebagai kemenangan penting bagi pada pendukung uang kripto.

Uang kripto terbesar di dunia itu, yang telah berkembang di kalangan arus utama sebagai investasi dan alat pembayaran, naik sebanyak 5 persen pada hari Selasa. Pesaing yang lebih kecil Ethereum juga mencapai rekor tertinggi pada 2.205 dolar AS.

Perusahaan besar seperti BNY Mellon, Mastercard Inc dan Tesla Inc termasuk di antara yang telah menerima atau berinvestasi dalam uang kripto.

Bitcoin mencapai 60.000 dolar AS awal bulan lalu, didorong oleh langkah Tesla yang membeli 1,5 miliar dolar AS mata uang digital itu untuk neracanya. Selama dua minggu terakhir, Bitcoin diperdagangkan dalam kisaran yang sempit.

"Ketika pasar Bitcoin menciptakan harga tertinggi baru, harga sering diperdagangkan pada kisaran tertentu dan kemudian terjadi aksi ambil untung," kata James Butterfill dari manajer aset digital CoinShares.

"Selama periode terakhir ini tampak terjadi aksi ambil untung yang serupa, yang sekarang tampaknya telah berjalan dengan sendirinya."

Kenaikan berlipat ganda uang kripto juga didorong oleh investor yang mencari aset berimbal hasil tinggi di tengah suku bunga rendah.

Baca juga: Tunggu data inflasi dan penjualan ritel AS, dolar turun tipis

Baca juga: Investasi uang kripto kuartal I capai rekor tertinggi 4,5 miliar dolar


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021