Gubernur Sumsel minta KPU kawal PSU di PALI

Gubernur Sumsel minta KPU kawal PSU di PALI

Gubernur Sumsel Herman Deru. ANTARA/HO.

Kami sudah terima surat keputusan MK (Mahkamah Konstitusi), saya minta pelaksanaan PSU itu digelar sebaik mungkin dan memberikan hak seluas-luasnya kepada masyarakat
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengawal Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada April mendatang.

Herman Deru di Palembang, Selasa, mengatakan PSU di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) diharapkan berjalan dengan sukses dan lancar.

“Kami sudah terima surat keputusan MK (Mahkamah Konstitusi), saya minta pelaksanaan PSU itu digelar sebaik mungkin dan memberikan hak seluas-luasnya kepada masyarakat,” kata Herman Deru saat audiensi dengan Komisioner KPU Sumsel.

Baca juga: MPR minta Bawaslu antisipasi politik uang jelang PSU

Agar pelaksanaan PSU dapat berjalan dengan demokratis dan transparan, ia mengharapkan para pemangku kepentingan memberikan sumbangsihnya dalam mensukseskan PSU ini.

Oleh karena itu,KPU Sumsel, KPU Pali dan Bawaslu harus bersinergi untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain panitia penyelenggara, suksesnya pesta demokrasi tersebut juga tidak terlepas dari peran serta aparat keamanan dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif.

Karena itu, aparat baik TNI/Polri harus mampu meminimalisir terjadinya konflik yang kemungkinan akan terjadi di antara dua pasangan calon Bupati dan  Wabup PALI yang berkompetisi saat PSU.

"PSU ini jangan sampai gagal, karena jika gagal akan membuat Kabupaten PALI tidak memiliki kepala daerah yang definitif. Karena itu jalannya PSU ini perlu dikawal dengan pengamanan yang ketat," kata dia.

Pihak penyelenggara harus bisa memastikan undangan PSU itu benar-benar sampai ke tangan calon pemilih.

Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin dalam laporannya pada gubernur menyebutkan, pelaksanaan PSU akan berlangsung di empat TPS pada tangga 21 April 2021, sebagaimana yang telah diperintahkan MK yakni di TPS 08 Desa Babat Kecamatan Penukal, TPS 06 Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara. Kemudian TPS 09 dan TPS 10 Desa Air Itam Kecamatan Penukal.

“KPU Sumsel secepatnya akan meninjau TPS yang dimaksud guna memastikan kesiapan di lapangan,” kata dia.

Baca juga: KPU Banjarmasin sudah bentuk PPK dan PPS untuk PSU Pilkada
Baca juga: Kapolda Kalsel minta ANTARA jadi media penyejuk jelang PSU

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Gubernur Jabar dukung pembangunan Kampus IPDN di Sumsel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar