BPBD Papua imbau warga di utara Papua waspadai badai siklon tropis 94W

BPBD Papua imbau warga di utara Papua waspadai badai siklon tropis 94W

Kepala BPBD Provinsi Papua Welliam R. Manderi. ANTARA/Hendrina Dian Kandipi/am.

Jayapura (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua mengimbau warga Bumi Cenderawasih khususnya yang berada di wilayah utara untuk mewaspadai datangnya badai siklon tropis 94W dalam waktu sepekan ke depan.

Kepala BPBD Provinsi Papua Welliam R. Manderi kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan sudah mendapat surat dari BNPB berkaitan dengan peringatan dini untuk menindaklanjuti perkiraan cuaca dari BMKG.

"Dalam sepekan ke depan, Papua juga akan dilanda badai siklon tropis 94W, di sekitar wilayah utara yakni Biak, Sarmi, Jayapura yang berada pada daerah pinggiran," katanya.

Menurut Welliam, dengan adanya informasi ini maka khususnya di wilayah utara Papua ini harus meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi badai yang akan datang ini.

Baca juga: Siklon Tropis Surigae terbentuk di Pasifik Barat utara Papua

Baca juga: BMKG: Bibit siklon 94w berpotensi jadi siklon tropis sangat tinggi


"Surat dari BNPB ini kami tindaklanjuti dengan surat dari Sekda Provinsi Papua untuk menyampaikan imbauan waspada kepada kabupaten dan kota yang ada di Bumi Cenderawasih," ujarnya.

Dia menjelaskan sehingga tiap kabupaten dan kota dapat siap siaga menghadapi badai siklon tropis 94W yang akan datang sesuai petunjuk yang diberikan Pemprov Papua berdasarkan BNPB.

"Kami berharap dengan kesiapsiagaan ini dapat meminimalisir dampak dari badai siklon tropis 94W yang sebelumnya pernah menerjang NTT," katanya lagi.

Dia menambahkan dengan meningkatkan kewaspadaan maka korban materiil dan jiwa juga dapat dihindari.*

Baca juga: BNPB minta tiap pemprov waspadai potensi bibit siklon tropis 94W

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang ekstrem dampak bibit siklon di utara Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BPBD Papua imbau warga waspada banjir dan longsor

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar