Baznas Padang sediakan sembako untuk fakir yang rajin ibadah ke masjid

Baznas Padang sediakan sembako untuk fakir yang rajin ibadah ke masjid

Kantor Baznas Padang. (ANTARA/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang, Sumatera Barat, akan memberi bantuan sembako kepada fakir miskin yang rajin beribadah ke masjid dan mushala.

Kepala Pelaksanaan Baznas Padang Sintaro Abe melalui Humas Syahrul di Padang, Rabu, mengatakan pihaknya sudah menyurati semua masjid dan mushala di Padang untuk mendata warganya yang berhak menerima sembako tersebut.

"Kami ingin yang diusulkan itu adalah fakir miskin yang rajin beribadah di masjid dan mushala makanya kami minta rekomendasi dari mushala dan masjid," katanya.

Ia mengatakan ada sekitar 1.400 masjid dan mushala di Padang yang bisa memberikan rekomendasi nama-nama penerima tersebut dan nantinya akan diserahkan oleh pengurus ke Baznas Padang.

Baca juga: Baznas Semen Padang salurkan bantuan masuk sekolah Rp1,06 miliar

Baca juga: Dokumen dan uang Rp50 juta milik Baznas Padang Pariaman ikut terbakar


Lebih lanjut, ia mengatakan setiap pengurus masjid berhak mengusulkan maksimal 12 orang warganya yang berada di sekitar lingkungan masjid.

"Sedangkan setiap musala di Padang, pengurus bisa mengirimkan maksimal delapan orang fakir miskin yang rajin ke musala," kata dia.

Selain sembako untuk fakir miskin, pada Ramadhan 1442 Hijriah ini Baznas juga melaksanakan program santunan untuk anak yatim di Padang.

Ia menargetkan 1000 anak yatim yang fakir dan miskin yang akan menerima bantuan tersebut.

"Santunan anak yatim ini berupa uang tunai, tahun lalu kami berikan santunan sebesar Rp500ribu dan kemungkinan tahun ini jumlahnya juga sama," ujarnya.

Untuk proses pendataannya juga dilakukan oleh masjid dan mushala yang wilayahnya terdapat anak yatim yang fakir dan miskin.

Ia berharap melalui dua program itu, perekonomian warga yang tidak mampu mulai membaik, dan ia juga berharap donatur bisa bertambah sehingga penerima bantuan juga bertambah.

"Selama empat tahun berturut-turut, donatur pada program santunan anak yatim ini adalah pihak kampus UPI, untuk tahun ini kami sedang menjajaki kembali dengan mereka," ucapnya.*

Baca juga: Target pengumpulan zakat Baznas Padang Rp32 miliar

Baca juga: Baznas Padang salurkan paket belanja senilai Rp4,5 miliar

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BAZNAS Padang bagikan 30 ribu paket sembako

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar