counter

IFC Membantu Memperluas Jangkauan Kredit Motor bagi Perusahaan

dan Masyarakat Berpendapatan Rendah di Indonesia

    
Jakarta, 2 Juli, 2010 (ANTARA) - IFC, anggota Kelompok Bank Dunia, akan memberikan pinjaman hingga $75 juta kepada PT Summit Oto Finance untuk membantu memperluas akses terhadap kredit motor, yang merupakan kebutuhan usaha dan transportasi yang sangat penting bagi usaha kecil dan masyarakat berpendapatan rendah.

     Investasi IFC ini juga akan membantu PT Summit Oto Finance untuk menargetkan pengembangan usaha mereka ke sejumlah provinsi yang saat ini belum terjangkau, serta kepada konsumen wanita di Indonesia. Komponen pertama dari investasi IFC yang ditandatangani hari ini adalah senior loan sebesar $50 juta dalam mata uang rupiah. Selain itu, senior loan sebesar $25 juta juga akan ditandatangani dalam tahun ini. IFC juga akan membantu PT Summit Oto Finance untuk memperoleh investasi tambahan melalui program sindikasi.

     "Ini adalah transaksi kami yang kedua dengan IFC setelah transaksi pertama di tahun 2008 yang lalu," ungkap Kenji Murakami, Group Chief Financial Officer PT Summit Oto Finance. "Kami sangat puas dengan dukungan IFC yang berkesinambungan. Investasi ini tidak hanya akan membantu pengembangan usaha kami, tetapi juga akan membantu kami dalam meningkatkan kualitas hidup para pelanggan kami."

     Adam Sack, Country Manager IFC untuk Indonesia, mengatakan, "Kami sangat senang dapat terus mendukung PT Summit Oto Finance dalam mengembangkan portofolio dan jangkauannya ke sejumlah provinsi yang saat ini belum terjangkau, serta kepada konsumen wanita. Kredit motor telah terbukti dapat membantu memperluas jangkauan layanan keuangan di Indonesia. Investasi IFC ini akan membantu meningkatkan akses terhadap pembiayaan kepada usaha mikro dan kecil, dan masyarakat berpendapatan rendah, serta dapat memperkuat institusi keuangan non-bank."

     PT Summit Oto Finance saat merupakan salah satu klien IFC, dan sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Sumitomo Corporation, Jepang. Sumitomo adalah perusahaan multinasional yang telah lama menjalin kerja sama dengan IFC melalui sejumlah proyek baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya di dunia.

     Djohan Marzuki, President Director dan CEO PT Summit Oto Finance, mengatakan, "Kami sangat menghargai kemitraan kami dengan IFC, dan yakin bahwa kemitraan ini bermakna lebih dari nilai finansialnya. Kami ingin terus meningkatkan kerja sama dengan IFC di masa yang akan datang."

     Pembiayaan mikro merupakan elemen penting dalam upaya memerangi kemiskinan. IFC memberikan masukan dan investasi kepada sektor pembiayaan mikro di negara-negara berkembang dengan memfokuskan diri kepada institusi-institusi pembiayaan mikro yang kuat, yang dapat berkembang dan memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi.

     Tentang IFC
     IFC, anak perusahaan Kelompok Bank Dunia, memberikan peluang bagi masyarakat untuk keluar dari kemiskinan serta memperbaiki taraf hidup mereka. IFC berusaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di negara-negara berkembang dengan cara memberikan pembiayaan ke sektor swasta, memobilisasi capital untuk sektor swasta, dan memberikan layanan pendampingan teknis serta mitigasi risiko kepada perusahaan dan pemerintah. Total investasi kami di tahun fiskal 2009 yang mencapai $14,5 milyar telah membantu menyalurkan dana pembiayaan ke negara-negara berkembang di saat krisis finansial terjadi. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.ifc.org

     Tentang PT Summit Oto Finance
     PT Summit Oto Finance, yang dikenal dengan SOF, merupakan salah satu perusahaan penyedia kredit motor terbesar di Indonesia. SOF memulai usaha pembiayaannya pada bulan Juni 2003, dan saat ini memfokuskan usahanya pada penyaluran kredit motor. Sebagai perusahaan pembiayaan independen, SOF menyalurkan kredit untuk semua merek dan tipe motor. SOF saat ini memiliki lebih dari satu juta pelanggan dan lebih dari 120 jaringan kantor cabang di seluruh Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, SOF telah sukses mengembangkan usahanya, dan meningkatkan pangsa pasar dan eksistensinya di pasar. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.Otofinance.co.id.

     Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

     Ariavita Purnamasari
     Communications Analyst
     IFC Indonesia
     Indonesia Stock Exchange Building Tower 2, 9th floor
     Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53
     Jakarta 12190
     Tel: +62 (21) 2994 8001 Fax: +62 (21) 2994 8002 Cell: +62 811 891 571
     E-mail: Apurnamasari@ifc.org Web: www.ifc.org

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar