Bandung (ANTARA News) - Sekitar 15 orang mantan karyawan Hotel Grand Aquila Bandung, melemparkan 10 kilogram kotoran hewan ke depan lobby hotel Grand Aquila, di Jalan Dr Djundjunan Kota Bandung No116, Jumat.

"Tadi kami lemparkan 10 kilogram kotoran hewan tepat di depan lobby hotel dan itu disaksikan oleh polisi," kata koordinator aksi Serikat Pekerja Mandiri Hotel Grand Aquila Bandung, Ijoel Saputra, disela-sela aksinya.

Ia mengatakan, aksi melemparkan kotoran ayam tersebut merupakan bentuk kekecewaan mantan karyawan hotel terhadap manajemen hotel yang melarang dan memecat karyawannya, yang ikut bergabung dalam serikat pekerja.

Menurut dia, masih ada puluhan kilogram kotoran ayam lagi yang akan dilemparkan di depan halaman hotel tersebut.

"Kita rencananya akan melemparkan lagi kotoran ayam ini tepat di depan halaman hotel," kata Ijoel.

Massa juga membagikan selembaran dukungan kepada para tamu hotel.

Akibat aksi lempar kotoran hewan tersebut, membuat para tamu hotel menutup hidung mereka ketika melewati lobby hotel bintang lima tersebut.

Kasus sengketa perburuhan antara karyawan dan manajemen Hotel Grand Aquila Bandung, mendapat perhatian dari Departemen Tenaga Kerja dan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung.

Dua instansi tersebut membawa kasus ini ke Sidang International Labour Organization di Jenewa, Swiss, pada pertengahan Juni lalu.

Selain itu, demi mendapatkan haknya sebanyak lima orang mantan karyawan Hotel Grand Aquila melakukan aksi longmarch dari Bandung ke Istana Negara pada awal April lalu.

Dalam aksinya, massa menuntut agar pemilik hotel membayar upah kepada seluruh karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Mandiri Hotel Grand Aquila Bandung dan memperkerjakan kembali karyawan yang telah diusir sejak Oktober 2008.(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010