Partisipasi di kejuaraan dunia ini dalam rangka persiapan Indonesia di Paralimpiade Tokyo bulan Agustus
Jakarta (ANTARA) - Kontingen renang Indonesia yang terdiri atas tiga atlet paralimpiade dan tiga pelatih serta ofisial akan berlaga pada Kejuaraan Renang "Lignano Sabbiadoro World Series 2021" yang diselenggarakan di kota Lignano-Venesia, Italia pada 17-18 April 2021.

Ketiga atlet yaitu Syuci Indriani, Jendi Pangabean, dan Maulana Rifky Yavianda akan berlaga pada nomor gaya bebas dan gaya punggung, gaya kupu-kupu, serta individual medley.

"Partisipasi di kejuaraan dunia ini dalam rangka persiapan Indonesia di Paralimpiade Tokyo bulan Agustus. Selain itu kompetisi ini sangat berarti untuk para atlet agar semakin percaya diri dan mengasah teknik dari hasil latihan," kata Ketua Kontingen Indonesia Irvan Dwi Nurfianto melalui keterangan resmi KBRI Roma, Rabu.

Baca juga: Menpora tegaskan Olimpiade dan Paralimpiade jadi sasaran utama

Irvan menuturkan, dalam kejuaraan dunia itu kontingen renang Indonesia ditargetkan dapat masuk hingga babak final.

Mengingat situasi pandemi COVID-19 yang masih terjadi di Italia, pihak KBRI Roma dan Komite Paralimpiade Nasional (NPC) telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk dengan Komite Paralimpiade Italia (IPC) serta panitia penyelenggara.

Kontingen Indonesia telah menjalani uji PCR pada saat tiba di Venesia dengan hasil seluruhnya negatif. Mereka telah menjalani ketentuan isolasi kedatangan sebelum ikut serta dalam kejuaraan. Setiap kontingen diperbolehkan pula melakukan latihan di sekitar tempat kejuaraan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Kejuaraan dunia renang di Lignano tersebut merupakan salah satu dari lima seri utama Kejuaraan Dunia The World Para Swimming World Series untuk tahun 2021, yang di antaranya Sheffield 2021 World Series di Inggris, Lewisville 2021 World Series di Amerika Serikat, dan Berlin 2021 World Series di Jerman.

Baca juga: NPC Indonesia targetkan satu emas Paralimpiade Tokyo 2021

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021