Piala Menpora 2021

Pelatih Persija beberkan alasan belum turunkan pemain muda

Pelatih Persija beberkan alasan belum turunkan pemain muda

Pelatih Persija Jakarta Sudirman (HO/Dok Persija)

Situasinya belum menguntungkan bagi tim, bagi saya untuk menurunkan pemain-pemain muda, karena dari penyisihan kita kalah di pertama
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persija Jakarta Sudirman membeberkan alasannya belum menurunkan para pemain mudanya yang ikut mereka boyong dalam laga Piala Menpora, adalah karena pertimbangan situasi dan kondisi di lapangan.

"Situasinya belum menguntungkan bagi tim, bagi saya untuk menurunkan pemain-pemain muda, karena dari penyisihan kita kalah di pertama," kata Sudirman, saat konferensi pers virtual menjelang semifinal Piala Menpora, Rabu.

Setelah kekalahan itu, kata Sudirman, Persija harus mengejar kemenangan pada pertandingan berikutnya, ditambah adanya tekanan harus lolos ke babak delapan besar.

Baca juga: Pelatih Persija: Lawan PSM Makassar, mental lebih menentukan

"Delapan besar juga single match, itu juga tekanan besar. Saya pikir pemain muda masih banyak waktu untuk belajar dari itu," ujarnya.

Ia mengakui, ada beberapa pemain muda yang dibawa untuk laga Piala Menpora, tetapi Sudirman tidak mau mencoba-coba memasukkan pemain muda dalam mengatur strategi karena situasinya belum memungkinkan.

Ada sejumlah pemain muda binaan Elite Pro Academy (EPA) Persija Jakarta, dengan posisi kiper, bek dan gelandang yang dipromosikan ke tim senior untuk berlaga pada turnamen pramusim Piala Menpora.

Keempat pemain tersebut adalah kiper Cahya Supriadi, bek tengah Reza Fauzan, serta gelandang Raka Cahyana, dan Muhammad Fajar Firdaus.

Selain itu, Sudirman juga mengabarkan bahwa Alfath Fathier, pemain mereka yang sempat diberikan sanksi manajemen sudah bergabung dengan tim, tetapi belum bisa dipastikan untuk diturunkan dalam laga kontra PSM Makassar.

Baca juga: Pelatih: PSM bermain keras tapi tetap dalam koridor
Baca juga: Pelatih PSM belum pastikan Wanggai turun di semifinal Piala Menpora

"Alfath sudah gabung sama kita, tapi kita masih belum lihat kondisi dia karena masih latihan terpisah. Belum latihan sama tim, tapi latihan terpisah untuk melihat kondisi fisiknya seberapa jauh," ujarnya.

Demikian pula Yann Motta Pinto yang sudah bergabung dalam latihan bersama tim pascacedera, tetapi Sudirman masih ragu-ragu untuk menurunkannya di laga lawan PSM Makassar.

"Alhamdulillah Yan Motta sudah bisa bergabung walaupun saya masih melihat ada keragu-raguan dalam setiap ada perebutan bola. Tapi saya pikir latihan terakhir nanti saya akan melihat sampai sejauh mana perkembangan cederanya Yan Motta," pungkas Sudirman.

Memasuki semifinal Piala Menpora, Persija Jakarta dijadwalkan bertemu dengan PSM Makassar pada leg perdana semifinal yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Baca juga: Menpora: Piala Menpora 2021 berjalan dengan baik
Baca juga: Empat tim yang lolos semifinal Piala Menpora

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mantan pelatih Persija mulai seleksi pemain Jong Ambon FC

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar