ACT Solok gulirkan gerakan sedekah pangan Ramadhan 1442 Hijriah

ACT Solok gulirkan gerakan sedekah pangan Ramadhan 1442 Hijriah

ACT Solok saat menyerahkan sedekah pangan Ramadhan 1442 Hijriah. ANTARA/HO-ACT Solok

Solok (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) wilayah Solok menggulirkan program pemenuhan pangan ke masyarakat selama pandemi COVID-19 melalui Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan (GSPR) 1442 hijriah.

Ketua ACT Cabang Solok Tengku Dewan di Solok, Rabu mengatakan kegiatan GSPR 1442 hijriah ini terdiri atas dua program yang akan didistribusikan selama bulan Ramadhan 1442 hijriah.

"Yakni program penyaluran Air Minum Wakaf (AMW) sebanyak 1.376 karton dan Lumbung Beras Wakaf (LBW) sebanyak 1.000 paket atau 5 ton beras berat 5 kilogram yang akan didistribusikan ke masyarakat kurang mampu di area Solok raya," ujarnya.

"Pendistribusian air minum wakaf tersebut dalam kemasan botol 600ml sebanyak 1.376 karton yang akan didistribusikan ke masjid, mushala dan sekolah," katanya.

Baca juga: ACT Sulteng ajak umat beramal via Gerakan Sedekah Pangan RamadhanBaca juga: ACT Malang buka posko distribusi bantuan untuk korban gempa

Menurut Tengku, perekonomian masyarakat belum sepenuhnya pulih di era kenormalan baru ini. Untuk itu, momentum bulan Ramadhan menjadi jalan bagi umat  Muslim untuk saling berbagi dan saling membantu sesuai kemampuan.

“Tahun ini merupakan RamadHan kedua yang dilewati dalam kondisi pandemi COVID-19 dan berpengaruh besar pada kehidupan ekonomi. Makanya kami menggaungkan Ramadhan Aksi Tanpa Batas untuk membantu masyarakat," katanya.

Ia mengatakan kehadiran ACT di Solok ialah atas harapan dan keinginan masyarakat agar dapat berkontribusi mengatasi masalah-masalah sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

"Kehadiran organisasi ACT, untuk menjadi penghubung antara para dermawan yang ingin menyalurkan sebagian rezekinya kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Baca juga: Sambut Ramadhan, ACT ajak masyarakat bersedekah pangan
Baca juga: Sumur wakaf bantuan ACT-PLN Purwokerto diserahkan untuk warga desa


Selain itu, ia mengatakan dalam pendistribusiannya ACT Solok akan berkolaborasi dengan berbagai mitra termasuk instansi pemerintahan, pihak kepolisian, dan TNI.

"Untuk air minum wakaf ini bisa didapatkan secara gratis di masjid dan musala di Solok sekitar seperti Masjid Agung Al Muhsinin, Al Hidayah, Syukur," katanya.

Ia berharap kegiatan itu dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan. Kemudian dapat membantu melepaskan dahaga bagi jamaah yang menunaikan ibadah tarawih atau tadarus Quran selama di masjid dan musala.

"Untuk para dermawan yang ingin membantu atau berdonasi, sistem ini adalah sistem wakaf, di mana donasi yang disalurkan adalah wakaf tunai yang akan dibagikan dalam bentuk beras dan air," katanya.

Baca juga: ACT salurkan bantuan kepada korban banjir bandang Sigi Sulteng
Baca juga: Dua sumur wakaf masyarakat Aceh di Jalur Gaza Palestina difungsikan

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wagub Sumbar imbau masyarakat tidak ragukan vaksin COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar