Liga 1 Indonesia

Menpora: Presiden minta Liga 1 dan Liga 2 disiapkan dengan matang

Menpora: Presiden minta Liga 1 dan Liga 2 disiapkan dengan matang

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat memimpin rapat koordinasi bersama PSSI, PT LIB, KONI, BNPB, dan Polri di Wisma Kemenpora, Rabu (10/2/2021). (ANTARA/HO/Kemenpora)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Presiden Joko Widodo meminta agar penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021 disiapkan dengan matang sebelum digulirkan.

"Beliau (Presiden Joko Widodo) memberikan arahan agar Liga 1 dan Liga 2 disiapkan dengan baik," ujar Zainudin dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Menurut Menpora, Presiden menyampaikan hal itu saat mereka bersua di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/4). 

Zainudin Amali pun berjanji akan menjalankan perintah Presiden tersebut. Pria asal Gorontalo itu berencana menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan berbagai pemangku kepentingan sepak bola Tanah Air, termasuk PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), KONI dan Polri, demi menyamakan persepsi tentang pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

Baca juga: LIB: dukungan Menpora-MenkoPMK bantu keluarnya izin liga dari Polri 

Rapat serupa pernah dilakukan dalam persiapan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang saat ini sudah sampai pada fase semifinal.

"Kami pasti akan melakukan rakor karena liga tentu saja berbeda dengan turnamen pramusim. Jadi, mesti melibatkan berbagai pihak," kata Menpora.

Penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021 belum dapat dipastikan lantaran belum keluarnya izin keramaian dari Polri. LIB dan PSSI akan mengajukan proposal permohonan izin tersebut kepada pihak kepolisian pada pertengahan April 2021.

Baca juga: LIB: proposal permohonan izin Liga 1-2 2021 diajukan pertengahan April 

Terkait proposal tersebut, Menpora menyampaikan pihak Polri akan meminta rekomendasi dari Kemenpora terlebih dahulu sebelum mengeluarkan izin.

"Polri pasti meminta rekomendasi dari kami, Kemenpora," tutur Zainudin Amali.

PSSI dan LIB, dalam pemaparan di hadapan Menpora Zainudin Amali dan Polri, berencana menggelar Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 pada 11 Juni 2021-11 Maret 2022 dan Liga 2 2021 pada 26 Juni-27 November 2021. 

Baca juga: LIB: kepastian sponsor Liga 1 tunggu izin keramaian Polri 
Baca juga: LIB kaji potensi kehadiran penonton di Liga 1 dan 2 saat pandemi 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Arema FC perkenalkan pelatih baru, janjikan tim di papan atas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar