Di Ramadhan 1422 H, BPOM lakukan lagi uji takjil di Gorontalo

Di Ramadhan 1422 H, BPOM lakukan lagi uji takjil di Gorontalo

Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo, Agus Yudi Prayudana (kanan) menunjukkan alat uji bahan berbahaya pada kegiatan pengawasan makanan dan minuman takjil pada Ramadhan 1422 Hijriah di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu (14/4/2021). (FOTO ANTARA/Adiwinata Solihin)

Memastikan tidak ada pangan yang tercemar oleh bahan berbahaya dengan melakukan uji Rhodamine B, boraks, formalin dan pewarna makanan
Gorontalo (ANTARA) - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo melakukan pengawasan dan pengujian sampel takjil atau makanan dan minuman untuk berbuka puasa pada Ramadhan 1422 Hijriah di kompleks Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kepala BPOM Provinsi Gorontalo, Agus Yudi Prayudana, Rabu, di Gorontalo mengatakan pada kegiatan itu pihaknya melakukan intensifikasi pengawasan pangan, khususnya takjil bersama Dinas Kesehatan, Dinas Pangan dan Diskumperindag.

"Kita melakukan tes atas sebanyak 46 sampel makanan dan minuman dengan hasil uji laboratorium negatif bahan berbahaya," katanya.

Ia menjelaskan tujuan dari kegiatan itu, salah satunya untuk membina UMKM di Provinsi Gorontalo dengan memberikan sosialisasi, celemek ( kain kecil penutup baju pada dada sebagai alat untuk menjaga kebersihan) serta penyanitasi tangan dalam upaya menjaga kebersihan saat melayani pembeli.

"Kemudian memastikan tidak ada pangan yang tercemar oleh bahan berbahaya dengan melakukan uji Rhodamine B, boraks, formalin dan pewarna makanan," katanya.

Ia mengatakan jika menemukan bahan berbahaya dari takjil yang diuji, maka pedagang tersebut akan dilakukan pembinaan terlebih dahulu.

"Mereka adalah pelaku penggerak ekonomi masyarakat, kita tidak langsung kenakan pasal, Jadi kita bina terlebih dahulu, pemahaman dan informasi yang jelas agar kedepannya tidak lagi melakukan kesalahan," demikian Agus Yudi Prayudana .

Baca juga: BPOM-Dikes Gorontalo uji sampel takjil di Limboto

Baca juga: Takjil bagi pengguna jalan dibagikan KKK Gorontalo

Baca juga: Pengawasan takjil di Gorontalo dilakukan BPOM selama Ramadhan


 
Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo, Agus Yudi Prayudana (kanan) memberikan penyanitasi tangan (hand sanitizer) dan celemek kepada pedagang takjil Ramadhan 1422 Hijriah, pada kegiatan pengawasan makanan dan minuman di Kota Gorontalo, Gorontalo, Rabu (14/4/2021). (FOTO ANTARA/Adiwinata Solihin)

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkot Madiun gelar bazar takjil guna bangkitkan ekonomiĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar