Kita berharap pemasangan wi-fi gratis ini dapat mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi ini
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memasang layanan wi-fi gratis di 14 titik objek wisata, guna mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Kita berharap pemasangan wi-fi gratis ini dapat mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi ini," kata Kepala Diskominfo Provinsi Kepulauan Babel, Sudarman di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pemasangan layanan wi-fi gratis ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari Pemprov Kepulauan Babel untuk mendukung daerah-daerah pariwisata, sehingga masyarakat menjadi lebih mudah untuk berkomunikasi, mempromosikan potensi wisata secara daring, sehingga dapat jumlah kunjungan wisatawan luar untuk datang ke Babel.

Baca juga: Dorong transaksi digital UKM, Pemkot Padang pasang 20 wifi gratis

"Sebagai daerah wisata, seharusnya tidak ada daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan internet. Tetapi kenyataannya masih ada daerah-daerah yang tidak terjangkau jaringan internet," ujarnya.

Ia menjelaskan titik-titik hotspot yang dipasang di kabupaten/kota yaitu Kabupaten Bangka di Teras Nusantara Hutan Kota Sungailiat, Taman Kota Sungailiat. Kabupaten Bangka Tengah di Danau Kaolin, Nibung dan Kantor Pengelola Pantai Terentang.

Kabupaten Bangka Barat di Museum Timah Muntok, Wisma Ranggam Muntok, Kabupaten Belitung di Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi. Kabupaten Belitung Timur di Pantai Burung Mandi, Pusat Informasi Geopark.

Baca juga: Layanan wifi publik dapat diakses di 356 titik di Yogyakarta

Selanjutnya, Kabupaten Bangka Selatan di Pantai Nek Aji Toboali, Pujasera Pantai Batu Kapur Toboali dan pemasangan wifi di Kota Pangkalpinang di Pantai Pasir Padi dan Pos Polisi Alun-Alun Taman Merdeka.

"Di sinilah keberadaan kita untuk menutup kekurangan jaringan yang tidak tersedia oleh provider jaringan," katanya.

Menurut dia, hal positif lain selain untuk mendukung pariwisata, keberadaan hotspot ini juga bisa dimanfaatkan oleh murid sekolah yang tinggal di sekitar area hotspot.

Baca juga: TransJakarta tambah lagi layanan WiFi gratis



 

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021