Madinah (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahwa keteladanan Rasulullah Muhammad SAW harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Banyak hal bisa kita pelajari tapi ada satu yang relevan adalah bagaimana Rasul memimpin perubahan besar dan berhasil dengan baik," kata Presiden dalam silaturahmi dengan rombongan di hotel tempat menginap di Madinah, Sabtu siang.

Ia menambahkan, perubahan yang dilakukan Rasulullah tidak secepat dan semudah membalikkan tangan karena itu dalam reformasi di Indonesia pun bila ada kekurangan semua pihak hendaknya bersabar.

"Tidak ada yang seketika, 23 tahun mendorong perubahan, makanya kita setelah 11 tahun reformasi ada kekurangan jangan cemas, bisa memperbaiki," katanya.

Kunjungan Presiden ke Arab Saudi merupakan bagian dari lawatan 11 harinya ke tiga negara, Kanada, Turki dan Arab Saudi

Sebelumnya, di Toronto Presiden menghadiri KTT G20 yang membahas beberapa agenda, di antaranya perkembangan pemulihan ekonomi global, evaluasi inisiatif kerangka kerja G20, upaya pembangunan ekonomi global yang seimbang dan berkelanjutan, serta reformasi lembaga keuangan internasional dan regulasi sektor keuangan.

Sedangkan di Turki, Presiden melakukan pertemuan dwipihak dengan Presiden Turki Abdullah Gul dan Perdana Menteri Turki Recep T Erdogan.

Pada 1 Juli, Presiden sudah berada di Arab Saudi untuk beribadah umroh tanpa ada jadwal kunjungan kenegaraan kepada otoritas setempat.

(P008*G003/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010