BI Kaltim kenalkan layanan belajar untuk UMKM

BI Kaltim kenalkan layanan belajar untuk UMKM

Kepala BI KPw Provinsi Kaltim Tutuk SH Cahyono (Antaranews Kaltim/ M Ghofar)

Layanan baru untuk UMKM dan pengusaha pemula ini dikenal sebagai BI Live Sandbox Space (BLISS). Layanan ini dapat diakses melalui www.bi.go.id/id/BLISS.
Samarinda (ANTARA) -
Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur memperkenalkan kepada masyarakat umum layanan sistem pembelajaran baru bagi pelaku usaha pemula, termasuk bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
 
"Layanan baru untuk UMKM dan pengusaha pemula ini dikenal sebagai BI Live Sandbox Space (BLISS). Layanan ini dapat diakses melalui www.bi.go.id/id/BLISS," ujar Kepala BI KPw Provinsi Kaltim Tutuk SH Cahyono di Samarinda, Kamis.
 
BLISS merupakan modul belajar yang disiapkan khusus untuk membantu pelaku usaha baru, termasuk bagi pelaku UMKM.

Baca juga: Ada Harbolnas, BI: Transaksi e-commerce bakal melonjak jelang Lebaran
 
Ia menjelaskan bahwa berbagai modul pembelajaran tersedia di microsite ini, mulai dari cara berjualan secara daring (on boarding UMKM), bertransaksi secara digital, memilih logistik, memasarkan produk, hingga cara memperoleh pendanaan.
 
"Berbagai materi edukasi pada microsite ini merupakan kolaborasi antara Bank Indonesia dengan pelaku ekonomi digital di Indonesia, seperti fintech, e-commerce, perbankan, dan payment gateway," ucap Tutuk.
 
Ia melanjutkan dalam rangkaian program dan untuk meningkatkan pengalaman bagi penggunaan nontunai di Kaltim, dilaksanakan pula berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan seperti QRIS Komunitas Award untuk menjaring komunitas menjadi merchant QRIS.

Baca juga: Airlangga dorong perbankan naikkan target kredit UMKM hingga 35 persen
 
Kemudian Bazar QRIS Drive Thru berupa pengalaman berbelanja menggunakan QRIS secara daring melalui minishop.id, dan QRIS Transaction Awards di lingkungan pemda dan Pasar Citra Niaga.
 
Kegiatan ini, lanjutnya, beriringan dengan program Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Kaltim selama Ramadhan yang mengangkat tema "Ramadhan Berbagi dan Menginspirasi di Masa Pandemi".
 
 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Strategi BI kembangkan desa wisata di Sultra

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar