Kampanye Hari Belanja Brand Lokal ini sudah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pionir ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berpartisipasi dalam Festival Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021.

Menurut Menparekraf Sandiaga, kampanye HBBL 2021 akan memajukan merek lokal untuk bisa berkembang dan memajukan UMKM.

"Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk bisa berkembang dan menguatkan satu sama lain dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam jumpa pers virtual Hari Belanja Brand Lokal 2021 di saluran Youtube Hypefast, Kamis.

Ia mengungkapkan penyelenggaraan HBBL 2021 menjadi ajang bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk bisa mempromosikan bisnis mereka.

Baca juga: Mendag Lutfi: Merek lokal akan jadi primadona di mal-mal Indonesia

"Kampanye Hari Belanja Brand Lokal ini sudah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pionir ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Ia juga mengajak merek lokal dan pelaku kreatif Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam HBBL 2021. Dengan demikian, mereka bisa memanfaatkan peluang untuk memperluas bisnis.

"Segera daftarkan brand lokal untuk berpartisipasi dalam acara Hari Belanja Brand Lokal yang akan digelar tanggal 5 Mei 2021. Maksimalkan kesempatan ini untuk promosikan produk Anda kepada masyarakat luas, bahwa produk lokal tidak kalah istimewanya dari produk luar negeri," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga: Presiden: Jangan sampai lokasi strategis diisi merek luar negeri

Pada HBBL 2020 sebanyak 1.000 merek lokal berkumpul, saling berkolaborasi dan berhasil meraih pendapatan total hingga Rp130 miliar serta mempertahankan 4.000 lapangan kerja selama COVID-19.

"Tahun ini kami ingin bantu brand lokal meningkatkan penjualan mereka. Kami targetkan 2.000 brand lokal di HBBL 2021. Kami ingin mengulang kesuksesan dan jadi lebih kuat memberi kesempatan bagi semua brand lokal kita, baik merk kecil maupun yang sudah mapan," kata Director of Hypefast Tinton Ardian

Tinton mengajak pemilik merek untuk registrasi di www.HBBL2021.com pada 15-23 April ini.

Baca juga: Sejumlah perusahaan pionir RI ungkap rahasia umur panjang sebuah merek

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021