satu-satunya kota yang menggratiskan sambungan rumah bagi MBR
Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan mencapai target penyediaan akses layanan air bersih berupa 10.000 sambungan rumah baru gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Sebelumnya, kami menargetkan 10 ribu sambungan rumah baru ini dapat dicapai pada 2024. Namun, dalam dua tahun satu bulan, semua target tersebut dapat dicapai,” kata Wali Kota Tarakan Khairul saat pemasangan ke -10 ribu sambungan rumah baru gratis secara simbolis di rumah warga Jalan Cahaya Baru Kelurahan Karang Harapan, Kamis.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dari berbagai pihak dan dia mengapresiasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Tarakan yang telah bekerja keras sehingga target 10 ribu sambungan rumah gratis dapat dicapai.

Program ini disusun dengan menyikapi keluhan MBR yang tidak mampu untuk memasang sambungan PDAM yang membutuhkan biaya kisaran Rp3 juta per sambungan.

Selain itu, merupakan bagian dari upaya Pemkot menyediakan layanan air bersih dengan kualitas yang terkontrol.

Baca juga: Gaet pelanggan non-aktif, PDAM Bekasi bebaskan biaya sambungan kembali

“Pada saat penyusunan program ini, Pemkot menghitung estimasi sebesar lebih Rp20 miliar untuk pemasangan, namun pada perjalanannya pemasangan ini didukung oleh Pemerintah Pusat melalui APBN sehingga sangat meringankan APBD Kota Tarakan,” kata Khairul.

Meskipun pemasangan layanan air bersih sambungan rumah baru PDAM digratiskan untuk masyarakat, Wali Kota mengatakan bahwa hal ini tidak menjadikan PDAM menjadi Perusahaan Daerah yang mencatatkan kerugian.

"Bahkan pada 2020 PDAM Tarakan kembali membukukan keuntungan dan bisa memberikan sumbangsih pendapatan daerah, setelah sebelumnya pada 2019 sempat merugi," kata Khairul.

Sementara itu, terkait dengan ketersediaan air baku, Wali Kota mengungkapkan bahwa pada tahun ini embung Indulung dengan kapasitas 30 liter per detik akan diselesaikan.

Embung ini akan melayani wilayah Pantai Amal hingga ke Tanjung Batu dan daerah sekitar di wilayah timur Tarakan.

Baca juga: Mataram tambah program sambungan air bersih gratis

“Kawasan Utara juga akan terpenuhi kebutuhannya dengan diselesaikannya Instalasi Pengolahan Air Bengawan yang berkapasitas 60 liter per detik,” katanya.

Selain itu, Pemkot Tarakan yang akan terus berupaya agar kebutuhan air bersih bagi masyarakat dapat tercukupi.

Pemasangan gratis contohnya, walaupun sudah mencapai target juga tidak berhenti begitu saja dan untuk tahun ini, masih ada 2.000 sambungan yang masih akan dipasang dan dilanjutkan tahun mendatang

“Tarakan merupakan satu-satunya kota yang menggratiskan sambungan rumah bagi MBR,” kata Khairul.
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021