MotoGP

Fit untuk GP Portugal, Marquez bicara target di Portimao

Fit untuk GP Portugal, Marquez bicara target di Portimao

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez bicara di sesi jumpa pers jelang Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve, Portimao. (15/4/2021) (AFP/Patricia De melo Moreira)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia delapan kali Marc Marquez mengungkapkan target utamanya di Portimao setelah pada Kamis lulus cek medis terakhir dan mendapat lampu hijau turun di Grand Prix Portugal akhir pekan ini.

Pebalap tim Repsol Honda itu akan kembali menunggangi motor RC213V pada sesi latihan bebas pertama (FP1) setelah kurang lebih sembilan bulan sejak terakhir kali Marquez berada di atas motor MotoGP.

Marquez menderita cedera tulang humerus kanan setelah terjatuh pada seri pembuka MotoGP 2020 di Jerez hingga harus melewatkan sisa musim yang terganjal pandemi tersebut.

"Sangat senang berada di sini. Tentu ini langkah yang penting dalam pemulihan saya, mungkin yang paling penting," kata Marquez seperti dilansir laman resmi MotoGP.

"Saya masih dalam pemulihan, belum 100 persen tapi tulang yang menjadi kritis dalam sembilan bulan ini sudah sembuh, ini yang sangat penting. Sekarang saya tak sabar lagi untuk membalap," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Lulus cek medis, Marquez dinyatakan fit untuk GP Portugal

Marquez telah bertemu dengan kru tim Repsol Honda dan HRC di Portimao hari ini dan setelah rapat mereka tidak akan membebani pebalap Spanyol itu dengan target yang berat di hari pertamanya kembali ke MotoGP.

"Targetnya adalah membalap dan menikmati motor saja dan kita lihat apakah saya finis terakhir atau memenangi balapan, saya tidak tahu," katanya.

"Menikmati motornya, mendapatkan kembali perasaannya, memahami lengan, bahu, dan tubuh saya bereaksi selama akhir pekan dan di luar itu, menikmati adalah target utamanya. Hasil akan mengikuti, tapi ini bukan waktunya," ujar Marquez lagi.

Setelah tiga kali operasi dan latihan intens di bawah pengawasan ketat tim dokter, Marquez sedianya ingin turun di balapan awal musim di Qatar namun baru mendapat restu untuk kembali membalap di seri ketiga musim ini di Portugal.

Akhir pekan nanti akan menjadi kali pertama bagi Marquez membalap di Sirkuit Algarve, Portimao, yang debut di kalender MotoGP pada 2020, serta bertemu tandem barunya di Repsol Honda, Pol Espargaro.

Baca juga: MotoGP Portugal: Marquez siap tantang sirkuit "rollercoaster" Portimao

Sirkuit sepanjang 4,6km dengan 15 tikungan itu memiliki tingkat elevasi yang beragam dan mendapat julukan sirkuit "rollercoaster" dari para pebalap.

"Portimao adalah trek yang sulit, saya diberitahu adik saya bahwa trek ini sangat menuntut kondisi fisik karena banyak tanjakan dan turunan.... Trek yang sangat baik, tapi sangat sulit memahami di mana limitnya," kata Marquez yang mengaku sangat gugup jelang balapan pertamanya setelah pulih dari cedera.

Pebalap tim Pramac racing Johann Zarco untuk sementara ini memimpin klasemen berkat dua kali finis runner-up di Qatar di mana kedua balapan seri pembuka yang digelar di Sirkuit Losail itu dimenangi oleh pebalap Yamaha yaitu Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Baca juga: Dovizioso bicara soal rencana ke depan bareng Aprilia
Baca juga: Quartararo curi kemenangan di Grand Prix Doha, Zarco puncaki klasemen
Baca juga: Peluang dan tantangan Sirkuit Mandalika jelang Homologasi untuk MotoGP

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BBPOM Mataram bantu UKM naik kelas jelang gelaran MotoGP Mandalika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar