Liga Europa

Villarreal mantapkan agregat atas Dinamo, Roma singkirkan Ajax

Villarreal mantapkan agregat atas Dinamo, Roma singkirkan Ajax

Kapten Villarreal Gerard Moreno (kedua kanan) merayakan golnya ke gawang Dinamo Zagreb dalam leg kedua perempat final Liga Europa di Stadion de la Ceramica, Villarreal, Spanyol, Kamis (15/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Pablo Morano)

Jakarta (ANTARA) - Villarreal memantapkan agregat atas Dinamo Zagreb dalam perempat final Liga Europa, sedangkan di laga lain, AS Roma mampu menyingkirkan Ajax selepas main imbang dalam leg kedua.

Menjamu Dinamo di Estadio de la Ceramica, Spanyol, Kamis waktu setempat (Jumat WIB), Villarreal menang 2-1 atas tamunya berkat dua gol jelang turun minum.

Paco Alcacer membawa Villarreal memimpin saat ia menceploskan bola ke gawang yang sudah tak bertuan, lantaran kiper Dominik Livakovic dipancing keluar dari sarangnya oleh Samuel Chukwueze pada menit ke-36.

Lantas dua menit jelang turun minum kapten Gerard Moreno menggandakan keunggulan Villarreal memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Alcacer yang tak dihentikan secara sempurna oleh Livakovic.

Pada menit ke-74 Dinamo sempat mencetak gol balasan melalui Mislav Orsic yang mengakhiri umpan satu dua bersama Bruno Petkovic dengan sepakan melengkung yang tak mampu diantisipasi oleh kiper Geronimo Rulli.

Skor 2-1 bertahan hingga bubaran, memastikan Villarreal lolos ke semifinal dengan kemenangan agregat 3-1 atas Dinamo, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Roma hapus kenangan buruk di Ajax, Villarreal pecundangi Dinamo Zagreb

Villarreal kembali ke semifinal Liga Europa setelah terakhir kali melakukannya pada 2015/16 dan kali ini di bawah arahan Unai Emery yang berpengalaman menjuarai kompetisi tersebut, peluang The Yellow Submarine relatif membesar.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Olimpico, Roma mampu bermain imbang 1-1 melawan Ajax.

Setelah babak pertama berakhir nirgol, Ajax membuka keunggulan empat menit memasuki babak kedua melalui talenta muda Brian Brobbey yang memanfaatkan umpan jauh bek Perr Schuurs.

Lantas pada menit ke-56 Dusan Tadic kembali menjebol gawang Roma. Sayang gol yang seharusnya membuat Ajax berbalik memimpin agregat 3-2 itu belakangan dianulir oleh VAR yang menilai Nicolas Tagliafico lebih dulu melanggar Henrikh Mkhitaryan dalam proses serangan.

Roma yang masih unggul produktivitas gol tandang dalam agregat sementara 2-2 lantas menempatkan diri mereka dalam posisi lebih baik ketika sebuah serangan balik diakhiri Edin Dzeko dengan sebuah gol ke gawang Ajax pada menit ke-72.

Skor 1-1 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi, memastikan langkah Roma ke semifinal berbekal keunggulan agregat 3-2 atas Ajax.

Di babak semifinal nantinya, Roma akan menghadapi Manchester United dan Emery bakal menjalani reuni kecil saat Villarreal bertemu bekal klubnya, Arsenal.

Baca juga: Arsenal menang telak di markas Slavia demi kunci tiket semifinal
Baca juga: MU lolos ke semifinal Liga Europa usai pertegas agregat atas Granada

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar