Ketika pertunjukan selesai, penonton kembali bersorak-sorai untuk Sekretaris Jenderal (Kim Jong Un),
Seoul (ANTARA) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Kamis (15/4) memberikan penghormatan di makam kakeknya Kim Il Sung untuk memperingati ulang tahun pendiri negara itu, seperti disampaikan dalam laporan media resmi Korut KCNA.

KCNA pada Jumat melaporkan bahwa Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju juga menonton pertunjukan lagu dan tarian di Istana Matahari Kumsusan, tempat ayah dan kakeknya dibaringkan di negara itu, dalam perayaan hari libur nasional.

"Ketika pertunjukan selesai, penonton kembali bersorak-sorai untuk Sekretaris Jenderal (Kim Jong Un)," demikian laporan KCNA.

Baca juga: Korea Utara tembakkan dua rudal jarak pendek
Baca juga: Kim Jong Un mulai bangun apartemen di Korut meski proyek lain terhenti

Ketidakhadiran Kim Jong Un pada peringatan tahun lalu memicu spekulasi tentang kondisi kesehatannya.

Berbagai laporan yang belum dikonfirmasi tentang kondisi kesehatannya dan keberadaannya bermunculan, termasuk laporan yang menunjukkan bahwa Kim berada dalam bahaya besar setelah sebuah operasi.

Kim Jong Un tahun ini ditemani ke istana oleh para pejabat senior Korea Utara, termasuk saudara perempuannya Kim Yo Jong, menurut laporan KCNA.

Pada awal April ini, Korea Utara mengatakan tidak akan ambil bagian dalam Olimpiade Tokyo karena kekhawatiran tentang penularan virus corona. Hal itu memupus harapan Korea Selatan bahwa Olimpiade tersebut dapat menjadi katalisator untuk menghidupkan kembali perundingan damai.

Pemerintah Korea Utara mengatakan negara itu tidak memiliki kasus virus corona.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021