Untan gandeng Gradasi Kalbar kembangkan "Untan Village"

Untan gandeng Gradasi Kalbar kembangkan "Untan Village"

Rektor Untan Garuda Wiko mengenakan rompi Pandu Digital Kehormatan yang diberikan oleh Kemenkominfo pada kegiatan pelantikan pengurus DPD Gradasi Kalbar. ANTARA/Rendra Oxtora/aa.

Untan sedang berusaha untuk membentuk ekosistem digital dengan program-program strategis
Pontianak (ANTARA) - Rektor Universitas Tanjungpura Garuda Wiko mengatakan, pihaknya akan menggandeng DPD Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Kalbar dalam menjalankan program strategis di Untan, salah satunya Untan Village untuk mengembangkan karakter penghuni rusunawa dengan kemampuan kewirausahaan serta pengetahuan digital.

"Jadi program ini diperuntukkan bagi 400 mahasiswa tahun ini yang diseleksi dari 1500 mahasiswa penerima IPKA yang berasal dari berbagai desa yang ada di provinsi Kalimantan Barat yang akan menempati Rusunawa tersebut selama satu tahun. Artinya mahasiswa ini akan menjadi wirausaha mandiri yang berperan aktif dalam membangun desanya dengan wawasan lingkungan eco-village dan literasi digital yang baik," jelasnya di Pontianak, Jumat.

Garuda Wiko menyebutkan, saat ini Untan sedang berusaha untuk membentuk ekosistem digital dengan program-program strategis yang direncanakan yang bertujuan untuk memberikan layanan terbaik kepada peserta didik agar dapat menjadi lulusan yang paripurna.

Baginya dalam hal tersebut tidak hanya agar mahasiswa memiliki kemampuan keilmuan yang baik tapi juga memiliki karakter yang mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu dan teknologi khususnya teknologi informasi.
Baca juga: Untan Pontianak luncurkan mobil listrik karya mahasiswa teknik elektro
Baca juga: Gempar FKIP Untan promosikan wisata Arung Jeram Riam Merasap


"Tantangan yang timbul dalam proses transformasi digital ini adalah kita semua diharuskan memiliki cara berpikir yang baru dan cara melakukan sesuatu yang baru. Hal ini kami harapkan akan sejalan dengan program-program kampung digital dari Kementerian Kominfo dan Generasi Digital Indonesia (Gradasi)," katanya.

Pada kesempatan itu, dia menambahakn saat ini Untan juga sudah mempersiapkan kawasan wisata internasional yang merupakan kombinasi aktivitas UPT Bahasa Untan yang saat ini sudah memiliki 5 corner yaitu American Corner, BCLC, Kedai Perancis, Japan Corner, dan Mandarin Corner.

"Harapannya dengan kawasan internasional mahasiswa dan anak muda di Kalbar tidak hanya dapat belajar secara menyenangkan melalui tatap muka tapi juga berselancar di dunia maya," tuturnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gradasi Kalbar, Sarpandi mendukung program Untan Village sebagai bentuk dari Kampung Digital Gradasi.

"Jadi salah satu program unggulan Gradasi adalah pembentukan Pandu Digital yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam hal literasi digital. Pandu Digital sendiri akan mengedukasi melalui Kampung Digital Gradasi salah satunya adalah Untan Village," kata Sarfandi.
Baca juga: Batan : Pembangunan PLTN di Kalbar butuh lembaga khusus pemerintah

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rahma Fadilah
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar