Kakesdam Udayana: Kondisi kesehatan warga di NTT-NTB mulai membaik

Kakesdam Udayana: Kondisi kesehatan warga di NTT-NTB mulai membaik

Tenaga kesehatan gabungan di Puskesmas Monta, NTB. ANTARA/HO-Dokumentasi Kesdam IX/Udayana. (ANTARA/Ayu Khania Pranisitha/2021)

sudah mulai membaik, kira-kira capaiannya 80 persen
Denpasar (ANTARA) - Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr I Made Mardika mengatakan kondisi kesehatan warga di Provinsi NTT dan NTB pasca bencana alam, banjir bandang dan angin kencang, kini mulai membaik.
 
"Semuanya sudah mulai membaik, kira-kira capaiannya 80 persen. Kecuali beberapa waktu lalu masih ada satu dua warga yang mengalami patah tulang, dari tim sudah turun untuk menangani," kata Kakesdam saat dihubungi melalui telepon di Denpasar, Bali, Jumat.
 
Ia mengatakan sampai dengan hari ini keberadaan pos kesehatan Kodam IX/Udayana di wilayah NTT dan NTB mulai berkurang, karena kondisi mulai membaik. Untuk wilayah NTT pos kesehatan yang masih siaga ada di Pulau Adonara yang terletak di sebelah timur Pulau Flores dan Kabupaten Lembata.
 
Sedangkan untuk wilayah NTB pos kesehatan yang masih siaga ada di Kota Bima. "Untuk di NTT pos yang masih siaga di Adonara dan Lembata, sedangkan di wilayah lain para pengungsi sudah kembali pulang, iklim cuaca juga sudah mulai membaik. Sedangkan di NTB ada siaga satu pos di Bima," katanya.

Baca juga: Panglima TNI kirim bantuan untuk korban bencana di NTT

Baca juga: TNI mengerahkan prajurit dan alutsista bantu korban bencana di NTT-NTB


Adapun beberapa keluhan kesehatan yang selama ini ditangani tenaga kesehatan TNI diantaranya luka-luka cedera ringan, kemudian dilakukan terapi psikis secara berkala terutama terhadap anak-anak yang terdampak bencana juga.

"Saat pertama luka-luka cedera psikis, kami terapi secara mental, terutama anak-anaknya diajak bermain sama nakes di sana. Selain itu ada gatal-gatal, diare, flu dan batuk-batuk, kemungkinan karena efek debu bangunan dan sebagainya. Dominan sakit gangguan di bagian saluran pernafasan atas, tapi sudah membaik," katanya.
 
Selama penanganan di wilayah NTT NTB telah melibatkan kurang lebih 70 tenaga kesehatan TNI, dan bekerjasama dengan dinas kesehatan serta puskesmas setempat.
 
Selain itu, berbagai bantuan juga telah diterima mulai dari obat-obatan beberapa ton, kemudian 2.000 kasur, pakaian dan selimut layak pakai, serta perlengkapan lainnya. Kata dia, bantuan sembako hingga kesiagaan dapur umum dari TNI.
 
Sebelumnya, bencana alam berupa banjir bandang dan angin kencang melanda beberapa wilayah di Provinsi NTT dan NTB. Dari peristiwa itu, beberapa rumah rusak parah sehingga mengharuskan warga untuk mengungsi.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

66 pemudik dari Terminal Mengwi diizinkan tinggalkan Bali

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar