Saham Eropa catat level tertinggi baru

Saham Eropa catat level tertinggi baru

Grafik indeks harga saham DAX Jerman digambarkan di bursa saham di Frankfurt, Jerman (2/2/2021). ANTARA/REUTERS/Staff/aa. (REUTERS/STAFF)

Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa mencatat rekor tertinggi baru pada hari Jumat setelah data AS dan China yang kuat mendorong optimisme tentang pemulihan global yang lebih cepat, sementara kinerja pendapatan yang kuat dari Daimler Jerman mendorong peningkatan saham-saham produsen mobil.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,3 persen. Indeks DAX Jerman naik 0,6 persen ke level tertinggi sepanjang masa, sementara FTSE 100 Inggris naik 0,4 persen.

Saham-saham di bursa global mendekati rekor tertinggi setelah data menunjukkan pemulihan ekonomi China meningkat tajam pada kuartal pertama dan penjualan ritel AS naik terbesar dalam 10 bulan di bulan Maret.

Saham produsen mobil dan truk Jerman, Daimler, naik 2,5 persen karena harga kendaraan yang lebih tinggi dan permintaan yang kuat di China membantunya membukukan lonjakan laba operasi kuartalan yang lebih baik dari perkiraan.

Baca juga: Laporan pendapatan dan reli logam dorong kenaikan saham Eropa

Indeks saham mobil & suku cadang yang lebih luas naik 1,6 persen memimpin kenaikan di antara sektor-sektor di Eropa. Data menunjukkan registrasi mobil baru melonjak 87,3 persen pada Maret di Uni Eropa.

Walau indeks STOXX 600 mencetak kenaikan ketujuh minggu berturut-turut, namun pergerakannya berada dalam kisaran sempit pada pekan ini, dengan sebagian besar bursa Eropa sudah berada di dekat level pra-pandemi.

"Banyak berita baik telah dihargai," kata Rupert Thompson, kepala investasi di Kingswood. "Pasar ekuitas mungkin akan terus tren lebih tinggi tetapi pasti perlu konsolidasi."

Analis memperkirakan laba untuk perusahaan STOXX 600 akan melonjak lebih dari 55 persen pada kuartal pertama setelah penurunan hampir 40 persen pada kuartal yang sama tahun lalu, menurut data Refinitiv IBES.

Baca juga: Indeks saham Eropa cetak level tertinggi sepanjang masa

Sementara itu, jajak pendapat Reuters terhadap ekonom menunjukkan ekonomi zona euro akan pulih pada tingkat yang jauh lebih lemah pada kuartal ini dari yang diperkirakan hanya sebulan sebelumnya, dengan peluncuran vaksin yang lebih lambat merupakan risiko terbesar.

Survei menunjukkan blok ekonomi tersebut akan bangkit dari resesi double-dip (resesi yang diikuti pemulihan singkat, namun kemudian terjadi resesi lagi) dan tumbuh 1,5 persen pada kuartal ini, tetapi turun tajam dari 2,1 persen yang diperkirakan pada bulan Maret.

Saham Bank of Ireland melonjak 6,5 persen ke puncak STOXX 600 setelah mencapai kesepakatan dengan grup keuangan Belgia KBC untuk menjajaki penjualan sebagian besar unit KBC Irlandia.

Perusahaan pengiriman peralatan makan Jerman HelloFresh naik 4 persen setelah kinerja awal kuartal pertama mengalahkan perkiraan, yang mengarah ke kenaikan prospek tahun 2021.
 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar