Warga Badui muslim optimalkan kegiatan rohani selama Ramadhan

Warga Badui muslim optimalkan kegiatan rohani selama Ramadhan

Sudin, tokoh Badui Muslim di Kampung Landeuh Kabupaten Lebak, Jumat (16/4/2021) ANTARA/HO

Kami sejak dua tahun mendalami ajaran Islam dan kini mampu membaca Al Quran juga melaksanakan ibadah shalat
Lebak, Banten (ANTARA) -
Masyarakat Badui muslim di Kabupaten Lebak Provinsi Banten mengoptimalkan berbagai kegiatan rohani selama Ramadhan 1442 Hijriah guna meningkatkan keimanan pada Allah SWT.

"Kita memanfaatkan bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh barokah dan ampunan dengan kegiatan kerohanian," kata Sudin, seorang tokoh Badui muslim di Kampung Landeuh Kabupaten Lebak, Jumat.

Kegiatan kerohanian warga muslim Badui selama Ramadhan itu di antaranya melaksanakan shalat tarawih berjamaah, membaca Al Quran atau miqra dan pengajian.

Baca juga: Yasamu didik warga Badui Muslim jadi SDM andal

Selain itu juga buka bersama serta menggelar diskusi-diskusi keagamaan guna memahami ajaran Islam yang benar berdasarkan Al Quran dan hadist.

"Kita merasa bahagia dan senang setiap menyambut bulan suci Ramadhan dengan mengoptimalkan kegiatan kerohanian itu," katanya menjelaskan.

Menurut dia, Kampung Landeuh Desa Bojongmenteng Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak sebagai permukiman Badui Muslim yang dihuni 33 kepala keluarga dan 114 jiwa.

Baca juga: Yasamu optimistis warga Badui Muslim mandiri melalui pelatihan

Mereka memeluk agama Islam itu setelah diberi hidayah oleh Allah SWT tanpa paksaan dan kini anak-anak menerima pendidikan formal juga menimba ilmu agama di pesantren.

Sebab, kata dia, masyarakat Badui menolak terhadap pendidikan formal maupun kehidupan modernisasi.

"Kami merasa bahagia setelah muslim karena dua anaknya kini belajar ilmu agama di pesantren," katanya menjelaskan.

Begitu juga Rukmana, warga Badui muslim mengaku bahwa dirinya memeluk agama Islam bersama orang tua dan tinggal di permukiman Kampung Landeuh.

Baca juga: Warga Badui Dalam berjalan kaki ratusan kilometer memburu tupai

Saat ini, kata dia, dirinya bersama keluarga selama Ramadhan melaksanakan kegiatan rohani dengan mengaji, shalat tarawih, membaca Al Quran dan buka bersama.

"Kami sejak dua tahun mendalami ajaran Islam dan kini mampu membaca Al Quran juga melaksanakan ibadah shalat," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Siti Halimah, warga Landeuh Kabupaten Lebak mengaku dirinya merasa senang tinggal di perumahan yang dibangun Yayasan At Taubah karena bisa belajar iqro atau membaca Al Quran dengan tajwid.

Dalam pengajian yang disampaikan ustadz dan kiai mengajak untuk bertaqwa kepada Allah SWT dengan melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Disamping itu juga menebar kebaikan, kasih sayang, hidup damai, rukun juga toleransi hingga mencintai Tanah Air sebagai bentuk orang bertaqwa.

Sebab, ciri-ciri orang yang beriman itu wajib beriman kepada Allah SWT dan Rasulnya juga patuh dan taat terhadap pemerintah.

"Kami setiap bulan Ramadhan bisa mengikuti pengajian hingga menambah wawasan dan pengetahuan ajaran Islam lebih luas," katanya.

 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bupati Lebak layangkan surat permohonan penutupan Stasiun kereta selama lebaran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar