Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG, Jakarta, Sabtu, daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca tersebut adalah Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Daerah lain yang juga berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yakni Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, dan Papua Barat.

Sementara, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terdapat di Riau, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi (2,5-4 meter) di area Samudra Hindia Selatan Jawa, Perairan Kepulauan Talaud, Perairan Utara Halmahera, Samudera Pasifik Utara Papua Barat.

Selain itu, ada peringatan gelombang sangat tinggi (4-6 m) di area perairan Samudera Pasifik Utara Halmahera.

Sementara kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud, dan Perairan utara Halmahera.

Peningkatan tinggi gelombang tersebut terjadi sebagai dampak dari adanya siklon tropis Surigae yang terpantau di Samudera Pasifik utara Papua.

Oleh karenanya, BMKG mengimbau untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

BMKG juga mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Baca juga: BMKG harap warga mewaspadai cuaca ekstrem akibat badai Surigae

Baca juga: BMKG prakirakan Jakarta diguyur hujan pada malam hari

Baca juga: BMKG prakirakan hujan lebat di sejumlah daerah di Indonesia 

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021