Kemarin, waspadai cuaca ekstrem hingga produksi vaksin Merah Putih

Kemarin, waspadai cuaca ekstrem hingga produksi vaksin Merah Putih

Ilustrasi - Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin yang menarik perhatian dan layak dibaca pagi ini, diantaranya waspadai cuaca ekstrem, badai tropis kuat Surigae, produksi vaksin Merah Putih diperkirakan awal 2022, pasien sembuh COVID-19 bertambah, dan Indonesia akan memiliki Komnas Disabilitas.

BMKG harap warga mewaspadai cuaca ekstrem akibat badai Surigae

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengharapkan warga Sulawesi Utara mewaspadai cuaca ekstrem yang diakibatkan badai tropis kuat 'Surigae' yang berpeluang meningkat menjadi topan.

"Badai tropis kuat Surigae masih berlangsung dan posisinya hampir tidak bergerak di Utara Papua, sebelah Timur Filipina," sebut Koordinator Bidang Obeservasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror, di Manado, Jumat malam.

Badai siklon Surigae berpotensi menjadi super taifun

Peneliti di Pusat Sains dan Teknologi Antariksa (PSTA) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Erma Yulihastin mengatakan badai siklon Surigae berpotensi menjadi super taifun atau badai siklon raksasa sehingga harus diwaspadai.

"Badai siklon tropis Surigae yang terbentuk di utara Papua sejak 14 April lalu kini semakin menguat," kata Erma saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Stafsus Presiden: Indonesia miliki Komnas Disabiliitas pada Desember

Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia menyatakan Komisi Nasional Disabilitas diharapkan sudah terbentuk saat peringatan Hari Disabilitas Internasional atau pada 3 Desember 2021.

Angkie di Jakarta, Jumat malam, mengatakan saat ini Kementerian Sosial sebagai sektor yang memimpin pendirian Komnas Disabilitas sedang menyeleksi calon anggota komisioner melalui Panitia Seleksi (Pansel).

BPOM: Awal 2022 vaksin Merah Putih bisa produksi massal

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito mengatakan diharapkan pada awal 2022 vaksin Merah Putih bisa diproduksi massal.

"Harapan kita bahwa pada awal tahun 2022, kita sudah bisa memproduksi vaksin Merah Putih," kata Penny dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Jumat.

BPOM: Vaksin Merah Putih Eijkman produksi massal semester 2 tahun 2022

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito mengatakan vaksin Merah Putih yang dikembangkan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman diperkirakan akan diproduksi massal semester 2 2022.

"Akhir semester 1 tahun 2022 emergency use authorization (izin penggunaan darurat) bisa diberikan artinya uji kliniknya sudah selesai. Harapannya adalah pada semester kedua dari 2022 sudah bisa diproduksi," kata Penny dalam konferensi pers virtual bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Jakarta, Jumat.

Rentetan gempa di selatan Lombok-Sumbawa perlu diwaspadai

Kepala Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengingatkan rentetan gempa tektonik di selatan Lombok-Sumbawa yang dipicu subduksi lempeng Eurasia perlu diwaspadai.

"Rentetan gempa selatan Lombok-Sumbawa ini menarik untuk dicermati mengingat segmen Megathrust Sumba termasuk relatif sepi terjadi gempa besar jika dibandingkan dengan Segmen Megathrust Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat," kata Daryono di Jakarta, Jumat.

Pasien sembuh COVID-19 bertambah 5.975 orang

Data yang dihimpun Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menunjukkan pada hari ini (Jumat, 16/4) jumlah kesembuhan bertambah 5.975 orang, atau lebih besar dari 5.363 orang yang baru terkonfirmasi COVID-19.

Data yang dikumpulkan sejak Kamis (15/4) sampai siang hari ini juga menunjukkan adanya penambahan kasus kematian sebanyak 123 orang.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Siang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar