Jakarta (ANTARA) -
Ratu Elizabeth ucapkan perpisahan terakhir kepada Pangeran Philip dalam pemakaman, Sabtu, waktu setempat, yang merayakan tujuh dekade pengabdiannya, juga memberikan kesempatan untuk cucu mereka, William dan Harry, berbicara di hadapan publik untuk pertama kalinya sejak klaim rasisme membuat keluarga kerajaan berada dalam krisis.

Elizabeth yang berpakaian serba hitam dengan masker berwarna senada, berdiri sendirian, kepalanya tertunduk ketika peti mati suami yang mendampinginya selama 73 tahun diturunkan di Kapel St. George yang dihadiri anggota kerajaan senior, termasuk pewaris takhta Pangeran Charles.

Pangeran Harry, yang terbang dari Amerika Serikat untuk menghadiri pemakaman, berjalan dan berbicara dengan kakaknya, Pangeran William, serta istrinya Kate di akhir upacara, kali pertama mereka bicara di hadapan publik sejak Harry dan Meghan tampil dalam wawancara televisi dengan Oprah Winfrey bulan lalu.

Krisis kerajaan terjadi ketika Philip berbaring di rumah sakit. Dikenal sebagai Duke of Edinburgh, Philip wafat pada usia 99 tahun tanggal 9 April.

Philip yang menikahi Elizabeth pada 1947 membantu ratu muda beradaptasi melewati pergantian masa dari pasca Perang Dunia Kedua ketika kerajaan-kerajaan di dunia mulai musnah dan rasa hormat terhadap kerajaan tidak seperti dulu.

Baca juga: Reaksi dunia atas kematian Pangeran Philip dari Inggris

Baca juga: Inggris berduka untuk Pangeran Philip, warga diminta tidak berkerumun


Pada 1997, ratu menggambarkan Philip sebagai kekuatannya selama puluhan tahun mereka menikah. Ratu yang kini berusia 94 tahun telah berkuasa selama 69 tahun.

Peti mati Philip dibawa ke kapel dengan Land Rover Defender TD 130 warna hijau militer yang turut dirancang oleh Philip sendiri.

Anak dan cucu Philip berjalan kaki mengikuti peti mati, membangkitkan ingatan akan pemakaman Diana tahun 1997 ketika William dan Harry - yang saat itu baru berusia 15 dan 12 tahun - berjalan di belakang peti mati ibu mereka.

Setelah pemakaman berakhir, ratu pergi meninggalkan tempat dengan menaiki mobil, tapi anggota kerajaan lain berjalan kaki ke bagian utama Kastil Windsor.

William, Kate dan Harry mengobrol sembari berjalan kaki. Kate, Duchess of Cambridge, melangkah lebih cepat untuk membiarkan kakak beradik berbincang-bincang. Namun apa yang mereka bicarakan tidak terdengar.

Dilansir Reuters, para pelayat yang biasanya mengikuti tradisi mengenakan seragam militer kini memakai pakaian berkabung biasa. Menurut surat kabar setempat, langkah ini diambil demi tidak mempermalukan Harry yang tidak berhak mengenakan seragam militer karena gelarnya dicabut meski dia pernah bertugas di Afghanistan.

Sementara itu, Pangeran Andrew yang mundur dari tugas publik pada 2019 akibat kontroversi karena hubungannya dengan mendiang Jeffrey Epstein terlihat duduk paling dekat dengan sang ratu.

Baca juga: Ratu Elizabeth & Inggris akan ucapkan perpisahan untuk Pangeran Philip

Baca juga: Pangeran Harry jadi pusat perhatian di pemakaman kakeknya

Baca juga: Pemakaman Pangeran Philip, waktu pertandingan olahraga Inggris digeser

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021