Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengaku siap memberikan dukungan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait rencana pembangunan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional oleh Kemenkes di Makassar.

"Sulawesi Selatan nyatakan siap untuk pembangunan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional ini. Kami senang dengan ide ini," ujar Andi Sudirman dalam keterangannya di Makassar, Ahad.

Apalagi, kata dia, banyak aset Pemprov Sulsel yang bisa dimanfaatkan, yang nantinya bisa dihibahkan untuk pembangunan rumah sakit ini.

Baca juga: Pasien stroke di RS Pusat Otak Nasional capai 350 orang per hari

"Untuk lahannya, kita bisa buatkan hibah bangunan dan kerja sama. Kita ingin nantinya rumah sakit ini dikelola BUMN, karena ini berisiko. Saya tidak mau menetapkan kebijakan jika nantinya bisa berubah (pergantian kepemimpinan)," katanya.

Ia mengaku senantiasa menerima kembali kunjungan rombongan Kementerian Kesehatan untuk mematangkan rencana tersebut. "Kapan saja, saya selalu terbuka. Saya siap menerima, yang penting untuk masyarakat banyak. Mari kita sama-sama kerjakan," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kementerian Kesehatan RI Abdul Kadir melaporkan ada keinginan Menkes untuk membangun Rumah Sakit Pusat Otak Nasional di Makassar.

Nantinya, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional ini menjadi rumah sakit otak kedua di Indonesia, setelah Rumah Sakit Otak Nasional di Jakarta.

"Kami mohon bantuan Bapak Plt Gubernur untuk merealisasikan rencana pembangunan rumah sakit ini. Kami siapkan anggaran sekitar Rp900 miliar untuk bangunan gedung dan peralatan rumah sakit," ujarnya.

Bangunan RS Pusat Otak Nasional ini, kata dia, bisa berstandar internasional, bahkan bisa menjadi peluang besar untuk Sulsel, karena akan melayani masyarakat di Indonesia bagian timur.

Ia juga berterima kasih atas penerimaan dan dukungan Plt Gubernur Sulsel dalam mendukung percepatan pembangunan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional di Makassar.

Baca juga: Menteri Kesehatan resmikan RS Otak M Hatta Bukittinggi

Baca juga: Bekasi lobi RS otak layani gratis warganya



Neurolog RS PON Jakarta dr Nizar Yamanie menambahkan persetujuan dari Plt Gubernur menjadi kabar gembira untuk percepatan pembangunan rumah sakit ini. Ia memuji infrastruktur di Sulsel, khususnya di Makassar yang berkembang pesat.

"Makassar ini akan jadi sentral Indonesia Timur. Banyak potensi di Sulsel. Aman Indonesia jika Gubernurnya (Andi Sudirman Sulaiman) seperti ini," katanya.

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021