Kiat cegah "overheating" di ponsel pintar

Kiat cegah "overheating" di ponsel pintar

Ilustrasi. (ANTARA/OPPO Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Menggunakan ponsel pintar terlalu lama terkadang bisa membuat ponsel menjadi panas atau overheat. Perusahaan teknologi OPPO pada Senin membagikan sejumlah kiatnya untuk mencegah ponsel panas berlebihan. Berikut rangkumannya

Istirahatkan smartphone
Ucapkan selamat tinggal untuk sementara pada laman media sosial dan biarkan ponsel beristirahat. Cara ini setidaknya bisa mendinginkan ponsel, karena cahaya lampu di layar tidak menyala.

Simpan di tempat teduh
Hindari meletakkan ponsel di bawah sinar matahari langsung, terutama pada siang hari yang sangat panas. Ponsel rentan terhadap cuaca dan akan mati secara otomatis setelah suhu internal mencapai titik tertentu.

Baca juga: Oppo A54 resmi dipasarkan di Indonesia Rp 2,7 juta mulai 1 April 2021

Turunkan tingkat kecerahan layar
Semakin tinggi tingkat kecerahan layar telepon, maka semakin banyak pula kapasitas daya baterai yang diperlukan. Hal ini berimbas pada penggunaan energi yang besar sehingga menyebabkan panas di bodi ponsel.

Tutup aplikasi game
Membuka aplikasi mobile game biasanya menguras lebih banyak daya baterai. Jika aktivitas ini dilakukan dalam waktu lama maka mungkin saja menyebabkan kinerja prosesor ponsel menjadi berat dan panas.

Untuk mencegah panas berlebih atau overheating di ponsel yang digunakan untuk bermain game dalam waktu lama, OPPO menghadirkan teknologi Multi-Cooling System di OPPO Reno5.

Pengguna tidak perlu khawatir lagi ponsel akan mudah mengalami panas. Teknologi pendingin ini mampu meningkatkan efisiensi pembuangan panas sebesar 30 persen akibat penggunaan aplikasi berat dalam waktu lama.

Teknologi di OPPO Reno5 F tersebut mampu membaca dan menganalisis data dari sensor suhu yang terletak pada bagian dalam, lalu menggunakannya untuk memperkirakan suhu penutup belakang ponsel hingga 1,5 derajat Celcius.

OPPO Reno5 F juga memiliki pengontrol suhu pintar yang dapat menyeimbangkannya dengan kinerja ponsel berdasarkan skenario penggunaan ponsel sehari-harinya. Fitur Multi-Cooling System memiliki peran yang cukup besar untuk menjaga suhu tetap stabil ketika game dijalankan dalam waktu yang lama.

Baca juga: Pengguna OPPO meningkat 40 persen selama pandemi

Baca juga: Kenali 5 komponen penting untuk tunjang "gaming" di ponsel

Baca juga: Deretan ponsel yang meluncur di Indonesia sepanjang Maret 2021

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

OPPO bantah penurunan market share di kuartal akhir 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar