665 peserta tidak ikuti UTBK-SBMPTN di Unhas

665 peserta tidak ikuti UTBK-SBMPTN di Unhas

Para peserta serius mengikuti UTBK-SBMPTN di Unhas Makassar. ANTARA/HO

Makassar (ANTARA) - Sebanyak 665 pendaftar tidak hadir (absen) mengikuti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Gelombang I di Unhas, yang berakhir Ahad (18/4).

Kasubdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Unhas Ishaq Rahman AMIPR di Makassar, Senin, mengatakan ratusan peserta UTBK-SBMPTN itu absen tanpa ada kabar atau alasan.

Ia menjelaskan jumlah peserta yang terdaftar dan seharusnya mengikuti ujian pada Gelombang I ini adalah 13.254 peserta.

Dengan absennya 665 peserta itu sehingga tingkat kehadiran peserta mencapai 95 persen.

Baca juga: 33 penyandang disabilitas jalani Tes UTBK-SBMPTN di UI

Baca juga: LTMPT: Tidak ada ujian susulan bagi peserta UTBK yang positif COVID-19


Secara umum, pelaksanaan UTBK SBMPTN di Pusat UTBK Unhas berlangsung lancar. Selain menyiapkan dukungan IT, juga dijalankan protokol kesehatan pada setiap lokasi dan ruangan yang berada di bawah kendali Pusat UTBK Unhas.

Tahun ini, Unhas menyiapkan penyelenggaraan UTBK SBMPTN pada sembilan lokasi, yaitu tiga lokasi di lingkup Kampus Unhas Tamalanrea, dua lokasi di lingkup Kampus Unhas Gowa, dan empat lokasi pada mitra. Jumlah total ruangan ujian yang dipersiapkan adalah sebanyak 53 ruangan.

Secara keseluruhan, Pusat UTBK Unhas menyiapkan 1.035 unit komputer yang akan digunakan oleh peserta. Selain itu, juga disiapkan sebanyak 143 unit komputer cadangan, dimana pada setiap ruangan ujian minimal terdapat 1 komputer cadangan.

Pusat UTBK Unhas selanjutnya akan mempersiapkan pelaksanaan UTBK SBMPTN Gelombang II akan mulai berlangsung pada tanggal 26 April 2021.*

Baca juga: Kemendikbud : Kewajiban tes cepat peserta UTBK tergantung daerah

Baca juga: LTMPT: Tingkat kehadiran peserta UTBK alami kenaikan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar