Lemkapi beri penghargaan presisi award untuk Korlantas Polri

Lemkapi beri penghargaan presisi award untuk Korlantas Polri

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Isitiono menerima penghargaan dari Lemkapi di Jakarta, Senin (19/4/2021). ANTARA/HO/Humas Korlantas Polri.

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) memberikan penghargaan "Presisi Award" untuk Korps Lalulintas (Korlantas) Polri karena dinilai banyak membuat berbagai inovasi pelayanan publik.

"Kami datang menyampaikan terima kasih kepada Kapolri, Kakorlantas Polri dan seluruh jajarannya atas dedikasi dan loyalitasnya dalam meningkatkan pelayanan publik semakin baik dan semakin transparan di tengah masyarakat," kata Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Edi menyatakan sejak Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri, banyak inovasi dan terobosan Polri bermunculan dan mendapat apresiasi publik. Inovasi tersebut antara lain penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan perpanjangan SIM online yang pekan lalu diluncurkan secara nasional oleh Kapolri.

Baca juga: Korlantas sosialisasikan peniadaan mudik lewat operasi keselamatan

Edi mengambarkan saat ETLE diluncurkan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum Polri di jalan raya berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pihaknya, jumlahnya mencapai 87,1 persen.

"Sungguh angka yang sangat baik dalam sejarah Polri," ujarnya.

Menurut mantan anggota kompolnas ini, kehadiran ETLE dan pelayanan SIM online secara nasional adalah terobosan baru Polri dalam meningkatkan pelayanan yang transparan dalam mendukung program Kapolri menuju Polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

Pengamatan pemerhati kepolisian itu menilai inovasi ETLE saat diluncurkan banyak diapresiasi karena penegakan hukum ETLE ini sangat transparan karena menggunakan teknologi.

Tilang elektronik ini juga bakal menghilangkan adanya penyimpangan dan penyalahgunaan kewenangan oknum yang kerap dikeluhkan masyarakat di jalan raya. Selain itu, pelayanan perpanjangan SIM online secara nasional yang dirintis Korlantas Polri juga banyak memudahkan masyarakat.

"Kami melihat, inovasi pelayanan perpanjangan SIM online ini banyak dipuji masyarakat. Selain tidak perlu jauh datang mengurus SIM, biayanya juga sangat murah," kata pakar hukum kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta tersebut.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo juga memberikan penghargaan kepada Kakorlantas Polri, Irjen Polisi Istiono terkait penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) skala nasional.

"Ini bagian dari visi misi Kapolri mewujudkan Polri yang Presisi. Polri yang smart. Polri yang transparan. Yang pasti, penerapan tilang elektronik ini akan mendukung pembangunan smart city di Indonesia, juga dapat meningkatkan PAD dari sektor pajak khususnya bea balik nama," kata Tjahjo.

Penghargaan dan apresiasi ini diberikan karena Kakorlantas Polri dan jajaran dinilai mampu membawa korps lalu lintas menjadi lembaga inovatif sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

Baca juga: Korlantas siapkan pos penyekatan 24 jam antisipasi mudik jalur selatan
Baca juga: Korlantas Polri gandeng BNI untuk peluncuran aplikasi pembuatan SIM

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tim pemulasaran COVID-19 Polresta Malang Kota raih penghargaan Lemkapi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar