Kemarin, perebutan vaksin hingga takbir keliling tidak diperkenankan

Kemarin, perebutan vaksin hingga takbir keliling tidak diperkenankan

Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah saat mendapatkan vaksinasi dosis pertama di halaman Markas Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (3-3-2021). ANTARA/Dewa Wiguna/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Senin (19/4) kemarin yang menarik untuk disimak, mulai dari perebutan vaksin COVID-19 di dunia hingga Menteri Agama tidak memperkenankan pelaksanaan takbir keliling pada penghujung Ramadhan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Berikut berita-berita tersebut :

1. Menkes ungkap perebutan vaksin COVID-19 di dunia semakin keras

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan saat ini kompetisi mendapatkan vaksin COVID-19 semakin keras di tingkat global dan Indonesia memiliki sumber pasokan pengadaan vaksin COVID-19 yang aman terjaga.

"Memang sekarang di seluruh dunia rebutan vaksin itu semakin keras. Alhamdulillah Indonesia itu sumber vaksinnya ada empat," kata Budi di Galeri Nasional, Jakarta, sebagaimana disiarkan langsung oleh Sekretariat Presiden, Senin.

2. Menaker luncurkan Posko THR 2021 pantau pengaduan terkait THR

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah resmi meluncurkan Posko Tunjangan Hari Raya (THR) untuk memantau dan menanggulangi pengaduan terkait pelaksanaan pemberian THR untuk tahun ini.

"Momentum bulan Ramadhan, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerbitkan surat edaran tentang pelaksanaan pemberian THR keagamaan 2021 bagi pekerja atau buruh dan mewajibkan pengusaha untuk membayar THR keagamaan secara penuh kepada pekerja atau buruh sebelum H-7 Lebaran," kata Menaker Ida dalam konferensi pers virtual di Jakarta pada Senin.

3. PPKM Mikro kembali diperpanjang dan diperluas ke lima provinsi

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro untuk 20 April hingga 3 Mei 2021, dengan memperluas kebijakan restriksi itu ke lima provinsi

"Perluasan berdasarkan parameter jumlah kasus aktif, maka ditambahkan lima provinsi, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung dan Kalimantan Barat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin.

4. Menag: Takbir keliling tidak diperkenankan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan masyarakat tidak diperkenankan melaksanakan takbir keliling yang biasa dilakukan pada penghujung bulan Ramadhan.

"Takbir keliling tidak kita perkenankan. Silakan takbir di dalam masjid atau mushala," ujar Menag saat memberikan keterangan pers virtual di Jakarta, Senin.

5. Menkes pastikan permintaan vaksin untuk PON bisa dipenuhi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan kebutuhan 200 ribu dosis vaksin untuk keperluan agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Provinsi Papua bisa dipenuhi.

"Saya juga sudah memperoleh laporan, butuhnya sekitar 200 ribu dosis untuk bulan Oktober, itu sih pasti bisa dipenuhi. Harusnya sejak bulan Juni jumlah vaksin kita akan cukup," katanya dalam pernyataan tertulis yang dilansir melalui laman resmi sehatnegeriku.kemenkes.go.id, Senin.

Pewarta: Indriani
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar