Kemarin, RI ke-3 dunia ekonomi kreatif hingga subsidi gratis ongkir

Kemarin, RI ke-3 dunia ekonomi kreatif hingga subsidi gratis ongkir

Pengemudi ojek daring menggunakan aplikasi belanja saat memesan sayur-mayur di pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/4/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.

Jakarta (ANTARA) - Indonesia merupakan negara ketiga dunia yang industri kreatifnya berkontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional hingga rencana subsidi gratis ongkos kirim untuk produk industri makanan dan minuman dalam negeri menjadi pemberitaan sektor ekonomi pada Senin (19/4/2021) kemarin yang menarik dibaca hari ini. Berikut lima berita menarik di antaranya.
 

Sandiaga: Bangga guys, Indonesia ke-3 dunia ekonomi kreatif ke produk domestik bruto (PDB) nasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara ketiga dunia yang industri ekonomi kreatifnya berkontribusi besar terhadap pertumbuhan domestik bruto (PDB) nasional.

"Jadi kita mesti bangga guys, bahwa Indonesia ini urutan ketiga dari segi kontribusi ekonomi kreatif ke PDB," kata Sandiaga dalam webinar tentang Konferensi 500k Eksportir Baru yang dipantau di Jakarta, Senin.
 

Mesir minta dikirimkan 80 ton kopi dari NTB

Importir di Mesir meminta dikirimkan kopi hasil produksi petani di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak 80 ton pada Juni 2021 sesuai dengan perjanjian bisnis yang disepakati bersama pelaku usaha mitranya di provinsi setempat.

"Pukul 12.00 Wita hari ini, saya akan menandatangani kontrak pengiriman kopi jenis robusta dan arabika dengan aggregator-nya," kata Pemilik UD Berkah Alam Lalu Thoriq, usai mengikuti pelepasan ekspor 44 ton kopi robusta ke Korea Selatan, di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, di Mataram, Senin.

 

Menko Airlangga: Belanja masyarakat kian menggeliat pada April ini

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan analisa konsumsi berdasarkan data perbankan menunjukkan belanja masyarakat kian menggeliat pada April 2021.

"Belanja nasional mengalami kenaikan di April yang cukup besar, di mana tumbuh 32,48 persen secara tahunan (yoy) untuk yang non-seasonally adjusted (tidak dipengaruhi faktor musiman)," kata Menko Airlangga usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

 

Pemerintah pastikan penyaluran THR untuk pekerja, ASN dan TNI/Polri

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para pekerja, Aparatur Sipil Negara (ASN) serta anggota TNI/Polri sebelum Lebaran 2021.

"Sedangkan untuk pengungkit ekonomi, THR untuk pekerja sudah ada yaitu SE Menaker No. M/6/HK.04/IV/2021 dibayar secara penuh dan paling lama dibayarkan H-7," kata Airlangga di Kantor Presiden Jakarta, Senin.

 

PPKM mikro, industri mamin sebut pemerintah akan beri subsidi ongkir

Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi Lukman mengatakan bahwa pemerintah akan memberi subsidi berupa gratis ongkos kirim (ongkir) untuk pemesanan makanan dan minuman lewat pasar daring sebagai kompensasi diperpanjangnya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang mengakibatkan larangan mudik.

"Pemerintah mau membantu pemasaran secara online. Nah, ini pemerintah akan mensubsidi ongkos kirimnya. Pemerintah mau memberi subsidi gratis ongkos kirim pada hari belanja nasional sebelum Lebaran," kata Adhi dihubungi Antara di Jakarta, Senin.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sandiaga: Ekonomi kreatif harus selamatkan perekonomian nasional

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar