Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan perusahaan teknologi swasta dalam program "Dukung UMKM Indonesia Timur" guna mendorong pemerataan ekonomi digital, terutama di wilayah timur Indonesia.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengapresiasi program Dukung UMKM Indonesia Timur. Menurut dia, program itu akan melatih dan membina secara intensif para pelaku UMKM di Indonesia Timur agar dapat memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan bisnis mereka sehingga mampu merambah pasar ekspor.

"Dengan dukungan Kementerian Perdagangan dalam program ini, saya berharap UMKM di manapun berada dan khususnya di Indonesia Timur tidak akan lagi menemui kendala dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnisnya serta dapat segera ikut pulih dari pandemi ini," ucap Menteri Lutfi dalam konferensi pers daring, Selasa.

Baca juga: Google nilai UMKM dan ekonomi digital Indonesia potensial

Baca juga: Menko Airlangga: Digitalisasi UMKM realisasi 2 agenda besar pemerintah


Kepala Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam menjelaskan, program itu dilaksanakan secara intensif selama tiga bulan ke depan dan dibuka untuk dua kelompok UMKM, yaitu kelompok umum yang berfokus pada fashion, retail, dan jasa serta kelompok ekspor yang berfokus untuk menuju ke pasar global.

"Google bersama Kementerian Perdagangan RI berkolaborasi untuk mengadakan program 'Dukung UMKM Indonesia Timur' dengan menggandeng mitra perbankan serta mitra pelatihan lainnya untuk melatih para pejuang UMKM agar mampu bangkit kembali dan mendorong tumbuhnya perekonomian nasional," ujar Putri Alam di acara yang sama.

Program itu akan membina 1.000 peserta UMKM secara gratis dengan metode daring, guna mempermudah peserta dalam mengikuti setiap kelasnya.

Program ini bersifat intensif dan berkelanjutan, di mana para peserta akan mengikuti kegiatan inkubasi yang diikuti dengan mentoring dan 'tracking' untuk memastikan bahwa UMKM memiliki rekan diskusi membahas tantangan yang dihadapi serta mampu menerapkan keahlian yang diperoleh.

Untuk menjalankan program ini, Putri mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan berbagai mitra seperti Bank Nobu, Bank BNI, Kios Bank, Kumpul, dan Bedo.

"Oleh karena itu para UMKM yang hadir hari ini di manapun berada langsung saja mendaftar di bit.ly/daftarumkmtimur," ucap Putri.

Baca juga: Google berikan bantuan 11 juta dolar AS untuk UMKM dan pencari kerja

Baca juga: Google Shopping hubungkan UMKM dengan konsumen

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021