Ambon (ANTARA) - Sejumlah kawasan kuliner di Kota Ambon, Maluku, seperti di Waihaong depan Masjid Raya Alfatah maupun di Desa Batumerah tampak ramai didatangi pengunjung pada Ramadhan kali ini.

Antara yang memantau di depan Masjid Raya Alfatah, Selasa petang, melaporkan, banyak pengunjung berada di kawasan itu untuk membeli kue untuk hidangan berbuka puasa.

Hamidah, yang tinggal tidak jauh dari Masjid Alfatah, mengatakan hampir setiap sore ia mampir untuk membeli makanan berbuka puasa

Sejak dibukanya lokasi jualan kue berbuka mulai dari hari pertama Ramadhan sampai sekarang, banyak warga yang berbelanja makanan di tempat itu untuk keperluan buka puasa bersama keluarga di rumah. Mereka membeli jajanan seperti kolak pisang maupun kacang hijau, berbagai minuman dingin, dan juga kue-kue.

"Kebetulan saya membeli kolak pisang dan kolak beras ketam (ketan hitam) masing-masing dua porsi yang dijual dengan harga Rp10.000/porsi untuk dibawa pulang ke rumah, walaupun ada juga minuman yang lain seperti kolak kacang hijau serta es palu putung, es buah-buah, namun keluarga di rumah sangat gemar kolak pisang dan kolak beras ketam," ujarnya.

Pembeli lainnya, Husein, ditemui saat membeli kue asida dengan harga Rp5.000/buah, mengatakan bahwa ia lebih terbiasa bermuka di rumah dengan keluarga, dengan menu takjil seperti kue asida ditambah kue lapis dan es buah.

"Jadi saya membeli yang utama dulu sesuai dengan yang digemari keluarga, baru yang lain," katanya sambil tertawa.
 
Tempat penjualan kuliner buka puasa di Ambon ramai pengunjung (John Soplanit)


Ny. Hawa yang menjual berbagai jenis es mulai dari es buah, es campur, es palu butung, es pisang ijo, es kacang, es kacang hijau, dan es kepala, mengatakan sejak hari pertama puasa banyak pengunjung yang gemar membeli es untuk berbuka, terutama es campur dan pisang ijo.

"Kalau saya dan anak saya ini berjualan berbagai jenis es dari pukul 15.00 WIT sampai pukul 20.30 WIT es yang terjual mencapai 55 hingga 60 gelas, di mana harga es rata-rata Rp10.000/gelas," katanya sambil ketawa.

Erni yang berjualan kue di dekatnya, ketika ditanya mengatakan, beberapa jenis kue yang ia jual berasal dari orang lain dan bukan buatannya sendiri. Kue lapis bawel, misalnya, ia beli dengan harga Rp2.000/ potong dan dijual Rp3.000/potong, lontar susu Rp2.500/potong dijual Rp3.500/potong.

Sedangkan, kue panakuk, mendud, janda, panada, bolu kukus, cara, cucur, dan gogos masing-masing Rp1.500/buah, pisang keju Rp5.000/empat buah. Ia juga menjual nasi kuning, nasi goreng, ayam lalapan, dan ikan bakar.

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021