Banda Aceh (ANTARA News) - Ibu Negara, Hj. Ani Susilo Bambang Yudhoyono, menyebutkan lima pilar untuk memajukan Indonesia sejalan dengan visi dan misi Menteri Kabinet Pembangunan Indonesia Bersatu, yakni pintar, sehat, hijau, kreatif dan peduli.

Ketua DPD Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI) Provinsi Aceh, Nurul Akmal, pada Minggu mengatakan, pernyataan Ibu Negara Ani SBY tersebut disampaikan dalam pertemuan dengan peserta Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI).

Sebagai peserta dari provinsi Indonesia bagian barat, Nurul Akmal mendapat kesempatan berdialog secara langsung dengan ibu Negara. Nurul Akmal menyampaikan masalah kesehatan, ada penderita gizi buruk, angka kematian ibu, masalah pemasungan pada penderita sakit jiwa.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Wisma DPR RI Cisarua Bogor itu, Ibu Ani mengatakan, lima pilar tersebut perlu diwujudkan dalam upaya memajukan anak bangsa negeri ini melalui berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat di seluruh Indonesia.

"Pertama, Indonesia pintar dengan moto gemar membaca meraih prestasi. Kedua, bangsa sehat Negara kuat, ketiga Indonesia hijau dengan ajak mari selamatkan bumi kita, keempat Indonesia kreatif dan kelima Indonesia peduli," kata Ibu Ani, seperti dikutip Nurul Akmal.

Ketua DPD PDRI Aceh mendapat kesempatan berdialog dengan Ibu Negara. Dalam kesempatan itu Nurul Akmal menyampaikan beberapa masalah yang dihadapi di Aceh seperti kesehatan, masih ada penderita gizi buruk, angka kematian ibu, masih ada pemasungan bagi penderita sakit jiwa.

Dalam hal ini, Ibu Negara mengatakan, peran PDRI harus maksimal melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak ada lagi warga yang dipasung karena menderita sakit jiwa, kata Nurut Akmal meniru ucapan Ani SBY.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD PDRI provinsi yang dilanda bencana alam gempa bumi dan tsunami 26 Desember 2004 itu juga melaporkan kepada ibu Negara bahwa organisasi yang baru dibentuk akhir Mei 2010 tersebut sudah terbentuk di 23 kabupaten/kota di Aceh.

Ibu Ani SBY mengadakan pertemuan di Cikeas dan dihadiri Wakil Ketua MPR Melani Suhari, Ibu Hadi Utomo, istri-istri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Ketua Umum PDRI Titiek Budi Santoso, Ketua DPD PDRI dan Ketua DPC PDRI seluruh Indonesia, usai Rapimnas.

"Saya kira, pesan Ibu Negara terkait kemajuan yang merupakan visi misi Menteri Kabinet Indonesia Bersatu penting dan perlu kita dukung sebagai upaya mewujudkan cita-cita pendiri Negara tercinta ini di masa mendatang," demikian Nurul Akmal.
(T.S019/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010