London (ANTARA News) - Kelompok Paduan Suara Universitas Kristen Maranatha yang merupakan satu-satunya peserta dari Asia, keluar sebagai juara pertama kompetisi paduan suara internasional di Austria.

Dalam "the 47th International Competition of Choral Singing" (47 Internationaler Chor Wettbewerb 2010) yang diadakan di Spittal An Der Drau, Karnten, Austria, itu mereka menyisihakn 10 peserta lainnya dari sembilan negara.

Sembilan negara itu, yakni Jerman, Ukraina, Hongaria, Belarus, Finlandia, Rumania, Namibia, Serbia, dan Bulgaria, demikian Koordinator Fungsi Pensosbud, KBRI Wina, Djati Ismojo, kepada koresponden ANTARA News di London, Minggu.

Ia menuturkan, PSM Maranatha sebagai wakil Indonesia berhasil meraih juara pertama pada kedua kategori yang dipertandingkan. Sedangkan posisi kedua dan ketiga adalah Hongaria dan Finlandia.

Menurut Djati Ismojo, dengan Dirigen Agustinus Bambang Jusana, PSM Maranatha berhasil memukau juri dan sekitar 400 hadirin melalui paduan suara yang harmonis membawakan lagu-lagu karya komposer klasik dalam kategori A.

Satu lagu wajib dan dua lagu yang dibawakan merupakan aransemen ulang komposer Indonesia, Ivan Yohan.

Pada kategori B, PSM Maranatha kembali memukau dengan penampilan yang menarik membawakan lagu-lagu daerah Indonesia, yakni Yamko Rambe Yamko, Gerimis Gerimis dan Jangger.

Penampilan mereka semakin memesona dan unik dengan ditunjang kostum yang atraktif yakni pakaian adat Papua dan Batik, disertai gendang sebagai instrument pengiring tambahan, ujarnya.

Kompetisi paduan suara tersebut dilakukan secara rutin setiap tahunnya, dan diikuti berbagai kelompok paduan suara dari berbagai negara. Pada kompetisi tahun ini terdapat dua kategori yang diperlombakan, yakni Kategori A untuk lagu-lagu jenis "choral works, classical" dan modern; dan Kategori B untuk lagu-lagu jenis "folksong".

PSM Maranatha awalnya mulai didirikan pada tahun 1983, dan mulai memiliki prestasi yang gemilang pada berbagai kompetisi paduan suara pada tahun 2001. Beberapa ajang kompetisi paduan suara internasional lainnya yang pernah diikuti antara lain adalah di Yunani dan Jerman masing-masing pada tahun 2004 dan 2006.

Manajer tim PSM Maranatha, Luluina Karina Singarimbun dan Reynaldi Tj mengatakan setelah mengikuti kompetisi di Austria ini, rombongan paduan suara tersebut akan melanjutkan rangkaian "performance" di Munich, Jerman dan Paris, Prancis.

Kemenangan Indonesia yang diraih pada ajang kompetisi tahun ini merupakan prestasi yang membanggakan, karena Indonesia berhasil menyandingkan gelar juara pertama dari dua kategori perlombaan.

Pada tahun lalu, Indonesia juga turut berpartisipasi dalam kompetisi ini melalui penampilan Paragita UI, yang berhasil meraih posisi juara pertama untuk kategori A dan juara ketiga untuk Kategori B.
(T.H-ZG/C004/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010