Bogor (ANTARA News) - Tabung gas milik seorang warga di Kampung Wangun, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor meledak dan melukai tiga orang serta membakar dua bangunan, Minggu siang.

Korban adalah Atik (48) dan anaknya Upah (10) dan Haeruddin (49) yang merupakan tetangga Atik. Ketiga korban mengalami luka bakar di kaki, ketiganya telah dibawa ke klinik terdekat dan mendapatkan perawatan.

Menurut Kapolsek Babakan Madang, AKP Ipik Kusmana, peristiwa ledakan terjadi akibat selang tabung gas ada yang bocor, saat pemilik rumah menghidupkan gas, api kemudian menyambar.

Ipik menegaskan peristiwa tersebut merupakan kecelakaan, namun pihaknya akan menyelidiki penyebab ledakan tabung gas 3 kg tersebut.

"Tabung gas sudah kita amankan sebagai barang bukti. Kejadian ini merupakan kecelakaan, namun kita akan tetap menyelidiki guna memastikan penyebab ledakannya," katanya, Minggu.

Sementara itu, Husen, suami Atik menyebutkan, peristiwa ledakan terjadi Minggu siang. Saat istrinya hendak memasak di dapur. Tiba-tiba api langsung menyambar dan membesar, istri dan anaknya yang kebetulan ada di dalam rumahpun ikut menjadi korban, begitu pula tetangganya Haerudin yang rumahnya ikut menjadi sasaran amukan api.

Akibat peristiwa tersebut Husen mengaku mengalami kerugian materi sebesar Rp120 juta. Karena rumahnya terbakar, istri dan anaknya terluka karena ledakan.

"Kalau ditotalkan hampir Rp120 juta kerugiannya," kata dia.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa namun luka bakar yang dialami Atik dan anaknya membawa trauma tersediri bagi keluarga Husen dan Haerudin.

Di wilayah Kota Bogor, peristiwa ledakan tabung gas sebelumnya juga pernah terjadi pada hari Kamis (24/6) di Kampung Lebar Pilar, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor sebuah tabung gas bocor lalu meledak menyebabkan dua pemiliknya mengalami luka bakar disekujur tubuhnya, kejadian inipun nyaris membakar rumah pemiliknya.(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010