Satgas: 47,3 persen lansia di Kepri meninggal dunia akibat COVID-19

Satgas: 47,3 persen lansia di Kepri meninggal dunia akibat COVID-19

Petugas mengebumikan salah seorang warga Tanjungpinang yang meninggal dunia akibat COVID-19. ANTARA/Nikolas Panama.

Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat 47,3 persen dari 244 pasien yang meninggal merupakan kelompok lanjut usia (lansia).

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tengku Said Arif Fadillah, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan pasien yang meninggal dunia akibat COVID-19 di wilayah itu, tersebar di Batam 158 orang, Tanjungpinang 37 orang, Bintan 23 orang, Karimun 19 orang, Lingga tiga orang, Natuna tiga orang dan Anambas satu orang.

"Dari data, lansia rentan tertular COVID-19, dan paling banyak meninggal dunia," ucapnya.

Salah satu upaya untuk menekan penularan COVID-19 yakni meningkatkan vaksinasi kepada para lansia, selain tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Jumlah pasien COVID-19 di Kepri terus meningkat

Baca juga: Satgas imbau warga Kepri konsisten terapkan protokol kesehatan


"Vaksinasi juga untuk melindungi lansia menjelang Lebaran. Apalagi saat Idul Fitri 'kan banyak anak-anak hingga cucu mengunjungi orang tuanya atau neneknya," ujarnya.

Pemprov Kepri pun telah menerbitkan surat agar seluruh ASN, Pegawai Tidak Tetap dan Tenaga Harian Lepas untuk membawa orang tua mereka ke lokasi vaksinasi yang telah ditetapkan.

Pemprov Kepri menetapkan lokasi vaksinasi untuk lansia di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Pasar Bintan Center di Tanjungpimang dan Asrama Haji Tanjungpinang.

Ia juga mengimbau seluruh staf pemerintahan untuk menyosialisasikan vaksinasi kepada lansia. Stok vaksinasi untuk lansia yang didistribusikan pemerintah pusat ke Kepri akan semakin banyak pada Juli-Juli 2021.

"Kami imbau pihak keluarga membawa nenek, kakek dan orang tuanya untuk disuntik vaksin," ujarnya.

Berdasarkan catatan Satgas Penanganan COVID-19, jumlah lansia di Kepri yang telah divaksinasi dosis pertama mencapai 13.258 orang, yang terdiri dari di Tanjungpinang 6.322 orang, Batam 5.897 orang, Bintan 829 orang, Kepulauan Anambas 159 orang, dan Natuna 51 orang.

Sementara lansia di Kepri yang sudah disuntik vaksin dosis kedua 3.554 orang, yang tersebar di Tanjungpinang 3.453 orang, Batam 26 orang dan Bintan 75 orang.

Sedangkan lansia di Karimun dan Lingga belum mendapatkan vaksinasi dosis pertama maupun kedua.*

Baca juga: Kepri bentuk satgas penanganan pekerja migran

Baca juga: Kepri minta bantuan kedutaan dan pemerintah pusat soal kepulangan PMI

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jelang Lebaran, Banda Aceh gencar gelar razia protokol kesehatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar