Bone, Sulawesi Selatan (ANTARA News) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla mengharapkan pemerintah daerah terus melakukan upaya peningkatan peran dan kemampuan organisasi kemanusiaan tersebut di daerahnya masing-masing.

Peningkatan kemampuan terutama diharapkan kepada kader-kader muda palang merah yang harus menjadi tauladan bagi generasi muda lainnya.

"Jiwa keteladanan dan kepoloporan untuk membantu sesama harus ditumbuhkan sejak dini," katanya pada Jumbara Palang Merah Remaja Ke-VII Sulsel di Kabupaten Bone, Senin.

Ia mengharapkan seluruh anggota Palang Merah Remaja senantiasa meningkatkan semangat dan kemampuan serta jiwa persahabatan.

Ia menjelaskan ada tiga tugas pokok palang merah, yakni siap membantu sesama dalam menghadapi bencana, melaksanakan tugas sosial untuk mencegah hal-hal yang lebih buruk dan membantu keselamatan manusia melalui donor darah.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo, mengharapkan bahwa ajang ini dapat menjadi wadah saling menularkan jiwa keteladanan dan ketulusan dalam menolong sesama manusia.

Ia juga mengharapkan, PMR menjadi wadah pembinaan remaja menuju terciptanya remaja berkarakter dengan prinsip dasar kepalangmerahan yaitu mengetahui, memahami dan berprilaku sesuai prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah.

Jumbara PMR yang berlangsung 11-17 Juli ini diikuti kontingen PMI dari seluruh kabupaten dan kota di Sulsel.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010