Gresik, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, kembali menggelar tradisi tahunan di bulan Ramadhan, yakni kontes ikan bandeng yang meliputi kegiatan lelang dan pasar bandeng yang sebelumnya sempat absen pada tahun 2020 akibat pandemi COVID-19.

Pj. Sekda Gresik, Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno di Gresik, Rabu, mengatakan kepastian kembali menggelar agenda budaya itu dilakukan setelah dirinya yang memimpin langsung rapat koordinasi pelaksanaan kontes bandeng di Ruang Rapat Kantor Bupati Gresik.

"Kami berharap pasar bandeng, lelang bandeng dan kontes bandeng tetap terselenggara dalam tradisi tahunan masyarakat Gresik menjelang Idul Fitri. Namun demikian, tentunya suasana dan situasinya berbeda," kata Abimanyu, kepada wartawan di Gresik.

Untuk pembukaan kontes, kata dia, akan dilakukan di halaman kantor Bupati Gresik, Jalan Wahidin Sudiro Husodo pada Jum’at (7/5) malam dengan disiarkan secara virtual, dan rencananya dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga: Pemprov DKI jamin ikan bandeng di Rawa Belong bebas formalin

Baca juga: 88 Marijo hadirkan bandeng tanpa duri berstandar nasional


“Kami berharap bandeng peserta kontes ini adalah asli produksi petani Gresik. Kami minta pihak panitia terutama dinas perikanan mengecek betul hal ini. Kami bangga meskipun bandengnya tak terlalu besar tapi hasil petani Gresik asli," kata Abimanyu.

Bandeng pemenang hasil kontes nantinya akan dilelang secara virtual kepada masyarakat serta para bupati dan wali kota se-Jawa Timur yang diundang secara daring.

Sementara itu, Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani meminta agar tradisi pasar bandeng, lelang bandeng dan kontes bandeng jangan sampai punah dari Kota Santri, sehingga meski pandemi harus tetap dilakukan dengan protokol kesehatan, tujuannya untuk pemulihan perekonomian masyarakat.

Gus Yani, sapaan akrabnya, juga telah meminta panitia untuk menyiapkan 10 tempat pasar bandeng yang tersebar di 10 lokasi di beberapa kecamatan di Gresik. Masing-masing titik pasar itu akan melaksanakan kegiatan jual bandeng dan pernak-pernik kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri, dan berlangsung mulai tanggal 5 sampai 10 Mei 2021.

Lokasi 10 titik pasar bandeng itu masing-masing Lapangan Sitarda Ujungpangkah, Alun-alun Sidayu, Lapangan Gembos Bungah, Lapangan Suci Manyar, Areal Pasar Baru Gresik, Lapangan Manunggal Kedamean, Lapangan Klampok Benjeng, Halaman Kecamatan Cerme, Lapangan Menganti dan Lapangan Duduksampeyan.*

Baca juga: Harga bandeng Rawa Belong jelang Imlek naik

Baca juga: Bandeng seberat 7,66 kilogram juarai lelang di Sidoarjo

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021