Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya akan mengevaluasi kinerja para wasit yang bertugas di Piala Menpora 2021.

"Kami akan mengevaluasi dan mendalaminya," ujar Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Rabu.

Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu mengakui ada beberapa keputusan wasit yang keliru saat memimpin pertandingan pada turnamen pramusim tersebut.

Baca juga: PSSI-LIB lapor kepada Menpora bahwa turnamen pramusim tanpa kendala

Hal itu terjadi, Iriawan melanjutkan, karena Piala Menpora 2021 merupakan kompetisi perdana para wasit setelah Liga 1 dan Liga 2 Indonesia dihentikan mulai Maret 2020 karena pandemi COVID-19.

"Wasit sudah lama tidak memimpin pertandingan dan karena itu pasti ada 'human error'. Satu setengah tahun bukan waktu yang sebentar. Jadi mungkin mereka sempat tegang," tutur purnawirawan Polri berpangkat akhir Komisaris Jenderal Polisi itu.

PSSI, Iriawan menambahkan, tidak pernah absen mengingatkan wasit untuk selalu tampil netral pada setiap pertandingan Piala Menpora 2021.

Para wasit juga kerap ditanyakan soal apakah mereka menerima tekanan dari pihak tertentu atau tidak sebelum memimpin laga.

"Kami selalu menyampaikan supaya jangan berpihak. Ketika ditanyakan apakah ada tekanan, mereka jawab tidak ada. Kalau ada, tentu kami memberikan perlindungan. Namun, jika mereka mencoba untuk melakukan hal di luar ketentuan, tentu PSSI akan menindak wasit tersebut," kata Iriawan.

Baca juga: Menpora minta suporter Persija-Persib taat pada final Piala Menpora

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 berlangsung sejak 21 Maret dan akan berakhir pada 25 April 2021.

Saat ini, kompetisi sudah sampai babak final yang mempertemukan Persija dan Persib.

Pertandingan final tersebut digelar dalam dua leg yaitu pada Kamis (22/4) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dan Minggu (25/4) di Stadion Manahan, Solo.

Lalu ada pula laga perebutan tempat ketiga pada 24 April yaitu PSS versus PSM di Stadion Manahan, Solo. Pertandingan ini, termasuk final, berlangsung mulai pukul 20.30 WIB.

Baca juga: Persib tantang Persija dalam final Piala Menpora
Baca juga: LIB yakin tiada perayaan suporter setelah final Persija versus Persib
Baca juga: LIB: proposal izin keramaian liga diajukan usai rakor dengan Menpora

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021