Terwujudnya kesetaraan terhadap kaum perempuan adalah berkat perjuangan dan kegigihan dari mendiang Raden Ajeng Kartini
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan sektor transportasi menjadi salah satu sektor yang mendukung kesetaraan terhadap kaum perempuan.

Ia mengatakan hal ini terlihat dari banyaknya perempuan yang telah menggeluti profesi di sektor transportasi yang biasa identik dengan laki-laki, seperti pilot, sopir, pelaut, hingga kondektur wanita.

"Saat ini, perempuan memiliki kebebasan untuk memilih karir, bahkan pekerjaan yang dahulu identik dengan laki-laki saat ini juga sudah banyak digeluti oleh perempuan. Beberapa bisnis di sektor transportasi bahkan dipimpin oleh perempuan. Hal ini menandakan bahwa kesetaraan terhadap perempuan sudah terjadi. Oleh karena itu, perempuan harus merasa sejajar, merasa mampu, dan bisa meningkatkan kapasitas sebagai perempuan yang terus bergerak maju, bebas, dan merdeka," kata Budi Karya dalam webinar "Kartini Milenial Taruni-Taruni Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan", yang digelar di Jakarta, Rabu.

Menhub menekankan kepada para taruni untuk selalu belajar dan berusaha dengan sungguh-sungguh agar memperoleh hasil maksimal serta menjadi orang yang berhasil dan menjadi kebanggaan keluarga, bangsa dan negara.

"Adik-adik taruni adalah para perempuan terpilih yang telah berkesempatan mengenyam pendidikan di sektor transportasi dan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan Indonesia. Buktikan bahwa dalam proses pendidikan, kalian merupakan figur yang sangat diperhitungkan, dan memiliki daya saing yang tinggi. Saya yakin, apabila kalian berusaha dengan bersungguh-sungguh, hasil yang didapatkan akan setimpal," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan terwujudnya kesetaraan terhadap kaum perempuan adalah berkat perjuangan dan kegigihan dari mendiang Raden Ajeng Kartini, yang mampu menginspirasi perempuan untuk bangkit dan menjadi bagian penting dalam hidup, dan memiliki kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki baik dalam aspek pendidikan maupun karir.

Baca juga: Menhub: Sinergi menentukan keselamatan angkutan jalan
Baca juga: Menhub targetkan revitalisasi Stasiun Bekasi selesai akhir 2021
Baca juga: Menhub gelar pertemuan bahas kepadatan kontainer di Tanjung Priok

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021