Formula 1

Williams targetkan 100 pitstop di Portugal untuk Kapten Tom Moore

Williams targetkan 100 pitstop di Portugal untuk Kapten Tom Moore

Pebalap tim Williams George Russell menjalani sesi latihan bebas kedua Grand Prix Bahrain, Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir. (26/3/2021) (AFP/Giuseppe Cacace)

Jakarta (ANTARA) - Tim Williams Racing akan menjalani tantangan 100 kali pitstop di Grand Prix Portugal sebagai penghormatan terhadap mendiang Kapten Sir Tom Moore.

Kapten Moore pernah memiliki cita-cita menggalang 1.000 poundstering untuk disumbangkan ke badan kesehatan nasional Inggris NSH dengan mengitari kebun rumahnya sebanyak 100 kali pada 6 April 2000, namun siapa sangka upayanya justru berhasil mengumpulkan 38,9 juta poundsterling setelah menarik perhatian publik Inggris.

Dia pun dianugerahi gelar bangsawan atas penggalangan dana itu sebelum meninggal dunia awal tahun ini di usia 100 tahun.

Sejumlah pebalap F1 seperti George Russell, Lewis Hamilton, dan Lando Norris memberi penghormatan kepada mendiang ketika meninggal dunia pada Februari lalu.

Baca juga: Tim dan pebalap Formula 1 sambut ulang tahun ke-100 Kapten Tom

Untuk menandai ulang tahun ke-101 sang kapten, pada 30 April, Yayasan Captain Tom telah mengajak masyarakat untuk melakukan tantangan bertemakan angka 100.

Tim Williams menyambut tantangan itu dengan melakukan 100 kali pitstop selama tiga hari di akhir pekan Grand Prix Portugal akhir pekan depan.

Mereka akan mengerahkan tim lapangan serta staf di fasilitas mereka di Grove, Inggris, untuk menyelesaikan tantangan tersebut sekaligus menggalang dana untuk asosiasi cedera tulang belakang, Spinal Injuries Association.

Baca juga: Williams konfirmasi daftar pebalap 2021, Russel dan Latifi bertahan

"Kapten Sir Tom Moore menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia, dengan pesan sederhananya tentang harapan, 'besok akan menjadi hari baik', dan menghadirkan kenyamanan serta keriaan kepada khalayak di seluruh dunia selama pandemi," kata CEO Williams Jost Capito seperti dikutip laman resmi Formula 1, Rabu.

"Ini adalah waktu yang sulit bagi setiap orang dan masih demikian, dan kami ingin mengambil kesempatan ini untuk melakukan sesuatu untuk mengenangnya, sekaligus menggalang dana untuk tujuan yang sangat mulia.

"Sebagai tim, kami sangat bangga dengan pitstop kami, jadi ini adalah tantangan yang luar biasa bagi tim baik mereka yang ada di trek maupun yang di pabrikan untuk bersama mencapainya, dan kami menantikan itu."

Baca juga: Verstappen juarai GP Emilia Romagna yang kaotis
Baca juga: Alonso raih poin pertamanya setelah Raikkonen kena penalti di Imola
Baca juga: Russell akan selesaikan masalah dengan Bottas pascainsiden di Imola

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar